FPSB Sosialisasikan Beasiswa LPDP

Bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (studi lanjut) tentulah menjadi harapan sebagian besar warga negara Indonesia. Namun demikian, faktor biaya (relatif mahal) masih menjadi permasalahan tersendiri. Dalam hal ini, beasiswa menjadi salah satu solusi jitu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dan saat ini banyak sekali program beasiswa yang bisa diperoleh/diraih, baik dari pihak swasta maupun pemerintah. Salah satunya adalah Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Kependidikan) yang diinisiasi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (tahun 2010-masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono) dan berada di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

 

Oleh karena itu, untuk mengetahui peluang memperoleh beasiswa LPDP tersebut, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus mengundang Kepala Divisi Evaluasi Penyaluran Dana Kegiatan Pendidikan LPDP, Ratna Prabandari, S.Psi., M.Ed, untuk berbagi informasi dengan para dosen dan mahasiswa FPSB UII, kamis, 12 Februari 2015 di Auditorium FPSB UII. Acara dimoderatori oleh Sonny Andrianto, S.Psi., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, pemilik sapaan mbak Ratna ini menjelaskan tentang sejarah LPDP, visi dan misi LPDP (menyiapkan calon pemimpin bangsa yang profesional), program-program pendanaan (Beasiswa & Pendanaan Riset), syarat-syarat pendaftaran, tahapan seleksi dan lain sebagainya. “Beasiswa ini tidak mensyaratkan ikatan apapun. Anda cukup kembali ke Indonesia dan berkaya pada bidang masing-masing, itu sudah cukup bagi kami”, ungkapnya. Terkait dengan linearitas studi lanjut, Mbak Ratna menegaskan bahwa hal tersebut tidak menjadi syarat utama. “Yang penting mahasiswa yang bersangkutan memiliki dasar yang kuat pada studi lanjut yang akan ditempuh. Misal mau ke jurusan Psikologi, maka yang bersangkutan (saat S1) harus kuat dalam statistiknya”, tambahnya. Mbak Ratna juga menambahkan bahwa saat ini sudah terbentuk ikata alumni LPDP yang diberi nama Mata Garuda.

Dalam acara tersebut, peserta tampak sangat antusias untuk bertanya banyak seputar beasiswa LPDP.