PBI Akan Re-Branding

Dalam rentang waktu 1-2 tahun ke depan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) mengagendakan ‘perubahan’ dengan re-branding yang baru. Hal ini terungkap saat dengar pendapat antara pengelola Prodi PBI (Ka, Sek, dosen), Ketua Tim Promo FPSB UII (Ratna Permata Sari, S.I.Kom., MA), analis komunikasi yang juga dosen Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII (Masduki, S.Ag., MA), dengan Wakil Rektor I UII (Dr. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.Sc), Selasa, 30 Desember 2014 di R. Audiovisual FPSB UII.

Menurut pengamatan Pak Masduki (dari sisi marketing dan komunikasi), PBI memang perlu mem-branding ulang, baik sasaran atau segmen pasar (baca: calon mahasiswa), kurikulum, ataupun kompetensi output yang akan dihasilkan. “Outputnya tidak hanya menjadi guru middle-end (menengah-bawah), tapi bisa kita perluas misalnya menjadi guru atau manajer berkelas internasional”, ungkapnya.

Pak Ilya (panggilan akrab Dr. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.Sc) sependapat dengan analisis yang disampikan oleh Pak Masduki dan akan mendukung penuh agenda perubahan yang akan dilakukan. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Pak Ilya secara informal menyampaikan wacana penyerahan pemeliharaan Laboratorium Bahasa yang berlokasi di Gedung Moh. Hatta kepada Prodi PBI FPSB UII.