Dampak Krisis Global, Ancam Kebebasan Berekspresi

Image

Masduki, M.Si saat menyampaikan makalah ?Impact of Global Crisis to Freedom on Expression? di ACAS Fifth International Conference, Atteneo De Manila University

Dampak Krisis global yang melanda dunia pada tahun 2008-2009 ternyata tidak hanya berpengaruh pada sektor ekonomi semata, namun juga berpengaruh terhadap kebebasan warga dunia dalam berekspresi. Hal tersebut diungkapkan oleh Masduki, M.Si pada awal bulan Juli 2010 lalu dalam ACAS Fifth International Conference : Global Financial Crisis in the Asian Context: Global Financial Crisis yang diselenggarakan di Ateneo De Manila University, Quezon City, Manila, Phillipines.

Dalam konferensi internasional tersebut, Mas Adink (panggilan akrab pak Masduki) menyampaikan makalahnya yang berjudul ”Impact of Global Crisis to Freedom on Expression”.  Mas Adink menyampaikan 3 poin penting kepada peserta, yakni analisa terjadinya krisis global tahun 90-an (1996-1998) dan tahun 2000-an (2006-2008), dampak krisis terhadap industri dan aktivitas umum pada media massa di Asia serta dampak krisis terhadap kebebasan ber-ekspresi.