FPSB Agendakan Seminar & Workshop Internasional

ImageKenyataan bahwa Indonesia secara geografis terletak pada pertemuan lempeng benua yang sangat labil. Hal ini telah terbukti menimbulkan banyak bencana dengan berbagai dampak kerusakan yang ada, seperti infrastruktur, korban jiwa maupun dampak psikologis para korban bencana. Penanganan psikologis yang tepat paska bencana, akan meminimalkan dampak psikologis seperti kecemasan, depresi, stres ringan hingga PTSD yang akan sangat mengganggu fungsi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari seminar dan workshop ini adalah untuk memberikan pemahaman yang benar tentang pemberian support psikologis paska bencana serta membangun pemahaman dan keterampilan peserta untuk menggunakan beragam pendekatan psikologis dalam membantu korban bencana sesuai situasi dan kondisi.

Oleh karena itu, awal tahun 2010 atau tepatnya dimulai tanggal 04 Januari 2010 Prodi Psikologi FPSB UII akan menyelenggarakan Seminar dan Workshop Internasional dengan menghadirkan pemateri-pemateri yang kompeten baik dari dalam maupun dari luar negeri. Untuk pemateri dari luar negeri, pantiia akan menghadirkan Prof. Dr. Evelin Witruk, Prof. Dr. Conrad Reschke, dan Dr. Marcus Stueck. Ketiga pemateri tersebut berasal dari negara Jerman.

Sedang pemateri dari dalam negeri yang tak kalah berbobot, panitia akan menghadirkan Drs. Bagus Riyono MA, Sus Budiharto serta perwakilan dari Shalat Center, Jogjakarta. Selama workshop ini, Peserta akan menemukan berbagai intervensi psikologis paska bencana seperti konseling paska bencana, art therapy, Yoga, Biodanza dan Meditative Therapy, serta sabar dan sholat khusyu. Adapun sasaran peserta dari agenda internasional ini antara lain adalah para psikolog, pekerja sosial, relawan, pegajar/guru, mahasiswa dan lain-lain. Bagi yang berminat, Anda cukup mempersiapkan investasi sekitar 800 ribu-1 juta rupiah (masih dalam tahap penggodogan).