Orangtuaku Mau Bercerai

Image

Sepasang hati yang mulai tak nyaman…

Pada kesempatan ini saya ingin mendapatkan atas pencerahan dan pemecahan masalah keluarga saya yang sangat mengganggu aktivitas belajar saya khususnya dan kehidupan saya pada umumnya. Adapun masalah yang saya hadapi adalah kedua orangtua saya pada saat ini sedang dalam proses perceraian di pengadilan agama. Bagi saya ini pukulan berat dalam kehidupan saya. Terus terang saya tak suka dengan keadaan ini. Sebagai anak, saya ingin keluarga saya utuh. Apa yang harus saya lakukan?

Anton – Yogyakarta

Tanggapan Psikolog: H. Fuad Nashori

Mas Anton, saya prihatin dengan keadaan keluarga anda. Berada dalam situasi di mana kedua orangtua akan segera mengakhiri hubungan tersebut pasti sangat tidak nyaman. Namun, saya menaruh penghargaan atas komitmen Mas Anton untuk membuat keluarga ini tetap utuh. Komitmen anda untuk menyelamatkan keluarga patut diacungi jempol. Saya dukung upaya kongkrit mas Anton untuk menyelamatkan bahtera rumah tangga anda bersama orangtua.

Selanjutnya, apa yang harus anda lakukan? Saya memiliki beberapa saran. Pertama, anda perlu menyuarakan aspirasi anda itu kepada orangtua. Semakin sering semakin baik. Semakin ekspresif semakin baik. Secara detil apa yang harus anda katakan, silakan anda kreasikan sendiri. Ibaratnya, kalau ada seseorang yang berteriak keras pasti akan lebih didengarkan dibanding kalau ia hanya memanggil dengan suara biasa. Suara yang ekspresif penting untuk anda sampaikan karena keagaan keluarga anda memang penting. Saya percaya apa yang anda suarakan akan menjadi perhatian anda. Lebih baik lagi, dengan catatan anda punya kakak dan adik, bila anda menyuarakan bersama saudara-saudara anda.

Kedua, anda libatkan orang-orang lain yang anda percayai memiliki keprihatinan seperti anda dan juga punya keinginan untuk melihat keluarga anda utuh. Paman, ibu, Pakde, bude, kakek, nenek, atau ustadz dari ayah atau ibu anda dapat dilibatkan sebagai mediator (penengah). Usahakan mediator adalah orang yang berpengaruh (the significant person) terhadap ayah an ibu anda. Semakin besar pengaruhnya semakin kuat kemampuannya untuk membuat kedua orangtua anda rujuk dalam cinta. Dalam melakukan fungsi mediasi ini, anda dapat meminta kepada mediator agar menjadikan isu pemaafan (forgiveness) sebagai salah satu titik tolak untuk merukunkan kembali dua orangtua anda. Pemaafan memiliki kekuatan untuk menjadikan perselisihan dan pertengkaran diselesaikan dan dicarikan solusi lanjutannya. Tanpa pemaaafan, masih ada ganjalan di hati orangtua anda satu terhadap yang lain.

Demikian. Selamat berjuang!