Sambutan Pimpinan FPSB UII

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang di website resmi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), Universitas Islam Indonesia (UII).

FPSB adalah salah satu fakultas yang berkembang pesat di lingkungan UII. Fakultas ini memiliki 4 program studi strata 1: Psikologi, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional dan program strata 2: Magister Profesi Psikolog. Sebagai institusi pendidikan tinggi di lingkungan UII, FPSB telah mencanangkan visi dan misi bahwa di tahun 2030 bertekad menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bidang Psikologi, Ilmu Komunikasi, Bahasa Inggris, dan Hubungan Internasional yang terkemuka di Asia Tenggara (ASEAN) serta berkomitmen pada keislaman dan keindonesiaan.

Tidak kurang 2000 mahasiswa dari berbagai daerah saat ini aktif menempuh studi di FPSB UII. Setiap tahunnya, kami menerima lebih dari 500 mahasiswa baru pertahun melalui proses seleksi Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), dan Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB). Selengkapnya terkait penerimaan mahasiswa baru ini dapat anda akses melalui situs www.pmb.uii.ac.id.

Perlu saya sampaikan, mengacu pada visi-misi FPSB UII, kami berorientasi pada keunggulan dan keunikan prodi, kesejahteraan yang memberi berkah, dan student-life cycle services yang setara dengan universitas-universitas terkemuka di ASEAN. Sebagai kampus yang berciri khaskan islam, saya juga mengajak agar tidak ada jarak antara dosen, karyawan, mahasiswa, alumni maupun tamu kami. Sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW yang mampu memposisikan siapa pun sebagai “sahabat”. Ini adalah ikhtiar kita bersama agar terus berkomitmen mencetak lulusan-lulusan yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah, serta memiliki kompetensi yang unggul di bidang masing-masing. Atas nama pimpinan, saya mengajak kepada seluruh civitas akademika untuk ikut terlibat menjadi aktor dalam setiap perbaikan dan menerapkan nilai-nilai keislaman dalam perilaku sehari-hari.

Terakhir, kepada siswa-siswi SMA, kami sambut kedatangan Anda di fakultas ini dengan kedua tangan terbuka. Anda tidak akan keliru memilih kampus ini karena pengembangan, implementasi, dan evaluasi kurikulum yang kami berikan selalu menekankan pada kontekstualisasi kompetensi inti dan metode belajar. Salah satu kelebihan kampus ini yakni memberikan pendampingan dan pembinaan mahasiswa, serta dibantu oleh tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten. Kami berkomitmen untuk selalu meningkatan kualitas dan cakupan jaringan kerjasama di berbagai bidang dan institusi, baik di dalam maupun luar negeri.

Wassalamu’alikum Warahmatullah Wabarakatuh

Dekan FPSB UII,

ttd

Dr.rer.nat Arief Fahmie, S.Psi., M.A., MHRM., Psi