FPSB UII Sukses Gelar 1st ICONISH

Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) sukses menyelenggarakan  The First International Conference on Islamic Social Sciences and Humanities   (1 st ICONISH) bertema  Islam and Global Challenge  pada 9-10 Desember 2021.  Kesuksesan tersebut ditandai dengan banyaknya makalah yang dipresentasikan (lk 67 makalah) yang berasal dari enam negara, yaitu Indonesia, India, Thailand, Brunei Darussalam, Nigeria dan Maroko. Adapun cakupan tema meliputi psikologi, hubungan internasional, pendidikan, komunikasi, studi budaya, dan beberapa tema lainnya.

Menurut Dekan FPSB UII yang sekaligus inisiator konferensi ini, Dr. H. Fuad Nashori, SPsi, MSi, MAg, Psikolog, ICONISH diselenggarakan dengan semangat untuk mengupayakan pengembangan ilmu sosial dan humaniora Islam. Dikatakannya, para ilmuwan Muslim sejak dekade 1970 memiliki memiliki ilmu dan agama. mengingat ini mereka berusaha menghidupkan usaha agar ilmu dan agama dapat diintegrasikan. Makna Ismail Raji al-Faruqi tentnag Islamisasi ilmu pengetahuandan gagasan Muhammad Naquib al Attas desekularisasi mendapat sambutan yang luas dari ilmuwan Muslim di seluruh dunia. Melalui International Institute of Islamic Thought (IIIT), gagasan untuk mengintegrasikan ilmu dan agama terus dihidupkan. “Apa yang kita lakukan dengan Iconish ini adalah usaha untuk menghidupkan semangat yang dibawakan oleh para ilmuwan ini,” ungkap Fuad.

Lebih lanjut dikatakan oleh Ketua Inter-Islamic University Conference on Psychology Forum (IIUCP Forum), ilmu-ilmu sosial dan humaniora adalah rumpun-rumpun ilmu yang dipandang sangat penting untuk jadi ajang integrasi ilmu dan Islam. Ilmu ekonomi, ilmu hukum, dan psikologi merupakan bagian dari rumpun ilmu sosial dan humaniora yang mendapat perhatian yang cukup besar dari para ilmuwan Muslim. Pengembangan konsep dan praktik ilmu ekonomi Islam, hukum Islam, dan psikologi Islam saat ini telah berkembang luar biasa. “Kami berharap bidang-bidang ilmu lain, terutama ilmu komunikasi, pendidikan bahasa Inggris, hubungan internasional, dan berbagai disiplin ilmu sosial humaniora lainnya terus menerus mendapat perhatian yang serius dari ilmuwan Muslim untuk pengembangan integrasinya.”

Khusus untuk 1 st ICONISH, isu-isu yang diangkat dalam kegiatan-kegiatan tersebut yang krusial dalam pandangan alternatif untuk merespon isu-isu di tingkat global. Harapan  Islam dan Tantangan Global  menempatkan klaim tersebut dalam perspektif Islam untuk menyikapi realitas sosial.

Dalam pelaksanaanya,  plenary session 1    yang diselenggarakan pada 9 Desember 2021 bertajuk   Conceptual and Theoretical Framework   menghadirkan Prof Ang Peng Hwa Ph.D dari Nanyang Technological University Singapore, Dr Nur Arifah Drajati, MPd dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS), dan Dr phil Emi Zulaifah MSc dari Universitas Islam Indonesia.Di malam berikutnya, diselengagarakan sidang paripurna khusus   yang mengangkat tema  Syariat Islam dan Kepentingan Tinggi Maqasid Ilmu Sosial dan Kemanusiaan  secara panitia khusus menghadirkan Prof Jasser Auda dari yang merupakan  Presiden Maqasid Institute Global.

Plenary session 2    bertajuk  Social Realities and Experience  pada 10 Desember 2021 pk 13-16 wib menghadirkan Dr Mustafa Izzudin dari National University of Singapore, Dr Norafidah Ismail dari Universiti Utara Malaysia, serta Muhammad Zulfikar Rakhmat PhD dari Universitas Islam Indonesia.

Usai  sesi plenary session 1,    kegiatan dilanjutkan dengan sesi presentasi kelas yang terbagi dalam beberapa ruang dan topik. Kegiatan sesi presentasi dilanjutkan pada hari kedua di pagi hari.

Secara keseluruhan penyelenggaraan 1  st  ICONISH berjalan lancar dan cukup mendapat apresiasi, baik dari peserta maupun pemateri. Salah satunya apresiasi yang menyejukkan adalah apresiasi dari Prof Ang Peng Hwa yang merasa puas dan bahagia dengan penyelenggaraan 1  st  ICONISH tersebut. Saya sangat menikmati sesi ini. Saya juga belajar hal-hal baru. Saya menghadiri sesi oleh Profesor Auda dan menikmati hari itu. Ini akan menjadi waktu yang sangat memicu jika kita bisa berada di ruang fisik yang sama. Namun, ICONISH telah memulai dengan sangat baik. Saya mengucapkan selamat kepada Anda dan UII. Jika menurut Anda saya dapat menjadi bantuan lebih lanjut di masa mendatang, jangan ragu untuk menghubungi saya. Sementara itu, selamat berakhir pekan. Anda telah mendapatkannya,” tulisnya pada salah satu panitia.