Dosen dan Mahasiswa Lakukan Pengabdian Masyarakat di Bogor

Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing dan Ketaatan Kepada Allah dalam Menggapai Cita-Cita. Demikian tema seminar dan dakwah islamiah yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat (kolaborasi dosen dan mahasiswa) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) pada siswa dan santri SMK Sirojul Huda 3 dan juga perwakilan atau utusan OSIS dari SMK/MA/SMA di Cijeruk, Caringin dan Cigombong, Bogor, Sabtu, 3 Desember 2022.

Materi seminar terkait pentingnya penguasaan bahasa asing dalam sebagai salah satu jalan meraih sukses disampaikan oleh Dosen Prodi Hubungan Internasional FPSB UII, Willi Ashadi, S.H.I., M.H dengan merujuk pada kesuksesan dan kepeloporan para tokoh muslim dunia. Sedangkan formulasi terkait cara mudah belajar bahasa asing (dalam hal ini adalah Bahasa Inggris) disampaikan oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FPSB UII sekaligus Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FPSB UII, Nizamuddin Sadiq, S.Pd., M.Hum., Ph.D.

Tak hanya itu, para siswa juga mendapatkan materi tentang sejarah dan upaya membangun peradaban Islam yang disampaikan oleh Dosen Prodi Hubungan Internasional FPSB UII, Rizki Dian Nursita, S.IP., M.H.I.

Heri Mardi Purwanto, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Sirojul Huda 3 merasa gembira dengan kegiatan yang dilakukan seraya berharap agar apa yang sudah disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat FPSB UII tersebut bisa menumbuhkan motivasi dalam meraih cita-cita dan kesuksesan hidup melalui proses belajar, dan upaya peningkatan kapasitas diri agar ke depan para siswa dapat memberi banyak manfaat kepada umat. Motivasi terbesarnya tentu semata untuk meraih ridho Allah SWT.

Sementara Nizamuddin Sadiq menuturkan bahwa selain dalam rangka melakukan salah satu dari Catur Dharma UII, yakni pengabdian pada masyarakat, kegiatan yang dilakukan juga sebagai bentuk kepedulian UII dalam berbagai ilmu, menjaga dan mendidik generasi muda agar terhindar dari dampak negatif kehidupan global yang relatif liberal melalui penguatan nilai-nilai keagamaan.

Selain seminar dan dakwah islamiah, kegiatan juga diisi dengan pertunjukan musikalisasi puisi, lagu, dan teatrikal ‘demokrasi kita’ yang dibawakan secara apik oleh Teater ASiK SMK Sirojul Huda 3.