IKI UII: Menuju Lansia Tangguh

Bagi orang yang diberkahi umur panjang, maka tahapan memasuki hari tua atau tahapan lanjut usia bisa jadi permasalahan tersendiri, baik mengalami banyak penurunan fungsi tubuh, seperti jaringan otak, paru-paru, jantung, alat perncernaan, tulang, kulit, kemunduran panca indera, dan juga hormon estrogen/testosteron maupun kondisi yang diperparah dengan datangnya berbagai penyakit, seperti rematik, tekanan darah tinggi, sakit maag, kencing manis, kolesterol tinggi, kegemukan, anemia, nyeri jantung, paru-paru (TBC), ginjal, serangan jantung, tulang keropos, kanker, prostat, liver, trigliserid tinggi dan masih banyak lagi. Hal ini tentu akan mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa bahagia, khususnya mereka yang belum atau tidak siap dengan kondisi tersebut.  Perlu sebuah sikap hidup atau kesiapan mental yang harus terus dipupuk agar bisa tetap bahagia dalam kondisi apapun.

Demikian disampaikan Dr. Aisah Indati, M.S., Psikolog dalam materinya berjudul ‘Menuju Lansia Tangguh: Permasalahan Psikologis pada Lanjut Usia’ pada kegiatan talkshow Ikatan Keluarga Ibu-ibu (IKI) Universitas Islam Indonesia (UII) bertema ‘Bahagia Menjadi Lansia’ yang difasilitasi oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat, 25 Rabiul Awal 1444H/ 21 Oktober 2022. Sedangkan moderator dari Kegiatan yang diselenggarakan di auditorium Abdul Kahar Muzakir Kampus Terpadu UII tersebut adalah Dr. Nita Trimulyaningsih, S.Psi., M.Psi.

Lebih jauh lagi Dr. Aisah Indati menambahkan bahwa problem pada usia lanjut juga bisa ditimbulkan karena hubungan interpersonal (konflik antar generasi, pengasingan umur, perkawinan, hubungan sosial dll), karena personal coping, kesehatan dan penyesuaian (kesehatan fisik, kesehatan mental, kesehatan finansial, dll), maupun diakibatkan dari lingkungan dan sosial.

Cara sederhana untuk bisa mengatasi hal tersebut menurut Dr. Aisah Indati bisa dilakukan dengan mengembangkan sikap menerima hidup apa adanya, menjalani hidup apa adanya, dan mensyukuri apa yang sudah didapatkan dari hidup.

Selain talkshow, kegiatan IKI UII juga diisi dengan sosialisasi PUSKAGA FPSB UII, PPT FPSB UII maupun pemeriksaan kesehatan secara gratis.