MAPPRO Gelar Sumpah Profesi ke-56

Program Studi Magister Psikolog Profesi (MAPPRO) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar profesi pengambilan Sumpah Profesi Psikolog Periode ke-56 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Mei 2022. Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog  selaku perwakilan dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) mengingatkan kepada para Psikolog baru untuk terus mengedepankan kode etik Psikologi dalam menjalankan kegiatan profesi ke depan. Saat ini profesi Psikolog sangat dinantikan.

“Ke depan tantangan dan juga sekaligus peluang akan semakin besar. Di dalam profesi psikolog kolaborasi menjadi sangat penting. Oleh karena itu, tidak ada profesi (yang terkait bidang psikologi) yang lebih baik antara satu bagian dengan bagian lain. Harus dilakukan secara kolaboratif”, tutur Andik Matulessy.

Andik Matulessy juga menyampaikan tentang RUU Pendidikan dan Layanan Psikologi yang ke depan akan memberikan dampak positif, yakni pada komunitas profesi psikologi, memberikan perlindungan kepada masyarakat dari orang-orang yang mengaku psikolog namun tidak memiliki kompetensi psikologi, serta memberikan perlindungan dari Psikolog asing yang sekarang sudah sangat banyak dan  ingin memberikan layanan psikologi bagi masyarakat Indonesia. Andik Matulessy pun mengajak agar semua peserta mendukung RUU PLP tersebut.

Sementara Wakil Rektor UII Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, Dr. Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc dalam sambutannya menekankan pentingnya menempa kompetensi para psikolog. Selain keilmuan, juga diminta untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan dalam berkomunikasi. Karena komunikasi yang baik tentu akan mudah dalam mempersuasi seseorang ke arah yang lebih baik.

Selebihnya para psikolog juga diminta senantiasa menjaga sumpah yang sudah diucapkan dan juga menjaga diri sendiri, idealiasme keilmuan dan etika yang akan menjadi figura atau batasan-2 yang dilakukan.