Dewan Presidium Lembaga Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menyelenggarakan orientasi mahasiswa baru berlabel SERUMPUN (Semarak Ta’aruf Mahasiswa Penuh Makna) pada 21-22 September 2020 secara online (daring). Meski dilaksanakan daring, kegiatan ini dihadiri lebih dari 820 lebih mahasiswa baru FPSB UII.

Faiz Ahmad Ramdhani selaku panitia OC, Aditya arvian selaku panitia SC dan juga Yusril Ikhtiar Muhamad selaku ketua Presidium Mahasiswa FPSB UII dalam sambutannya berharap kepada peserta agar kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini tidak menyurutkan para mahasiswa baru dalam mencari ilmu, tetap produktif,  dan selalu menjaga semangat belajar dalam rangka berproses ke arah yang lebih baik.

Sementara Dekan FPSB UII, Dr. H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., M.Ag., Psikolog dalam sambutannya mengingatkan pada para peserta untuk terus bersyukur karena sudah berhasil diterima di FPSB UII dengan persaingan yang sangat ketat, dimana dari 13 ribu lebih pendaftar, hanya sekitar 900 an mahasiswa yang berhasil diterima di FPSB UII. “Anda adalah kumpulan orang yg sangat kompetitif dari persaingan 13rb pendaftar”, ungkapnya.
Pak Fuad pun mengingatkan kembali bahwa UII oleh para pendirinya dimaksudkan untuk membentuk ulama yang berpengetahuan luas, dan memiliki semangat dinamis. “Tidak harus menguasai kitab kuning, tapi berilmu yang di bingkai dengan nilai-nilai Islam”, tambahnya.

Beliau pun menambahkan jika UII semula didirikan juga untuk mempertemukan antara agama dan ilmu pengetahuan dalam rangka menyejahterakan masyarakat. “UII didirikan untuk mengajarkan anda agar bisa menyejahterakan orang lain atau rahmatah lil ‘alamin dengan dibingkai kesadaran Ilahiah. Kita dalam suasana prihatin. Kita akan belajar dari rumah2 kita.
Keadan ini harus kita jalani dengan penuh kesabaran. Semoga kita tetap bisa menyesuaikan dengan keadaan ini. Jika Anda menempuh Pendidikan Tinggi dan menjalaninya dengan sebaik-baiknya dengan niatan memenuhi peritah Allah SWT, in sya Allah akan membantu membentuk kepribadian dan watak kita menjadi lebih baik. Kestabilan emosi juga meningkat. Kesedaiaan berbagi dan memaafkan juga meningkat.”, pungkasnya.
Kegiatan SERUMPUN sendiri diisi dengan berbagai aktifitas, seperti pengenalan lembaga kemahasiswaan, pengenalan himpunan, pemutaran video UKM dan komunitas, pentas seni, maupun webinar .