Dalam rangka meningkatakan ketrampilan tenaga kependidikan dalam menulis artikel, khususnya artikel Islam, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) sengaja menggelar Workshop Penulisan Artikel Islam di Hotel Shantika Yogyakarta, Sabtu, 30 November 2019. Hadir sebagai pemateri adalah Roby Abror, S.Pd., M.Hum.

“Setiap manusia diberi potensi kreatif oleh Allah SWT. Setiap manusia diberi kemampuan Ilahiah yang kadarnya berbeda-beda. Menulis merupakan bentuk ekspresi diri. Menulis bisa menjadi gaya hidup. Menulis itu mudah. Seperti orang berbicara. Modal menulis adalah mengenal diri sendiri. Barang siapa mengenali dirinya, maka dia akan mengenal Tuhannya”, ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut, pemateri memberikan cukup banyak materi terkait dengan teknik menulis yang menarik, bahkan teknik untuk bisa menembus media massa. Beberapa tips pun disampaikan, seperti membuat judul dan isi/tulisan yang menarik dan menggugah rasa ingin tahu, mengandung unsur kebaruan, enak dibaca (mengalir) dan juga sesuai realitas yang ada. Realitas kadang merupakan given tapi juga ada pendapat yang mengatakan bahwa realitas tersebut terjadi karena ulah tangan mnusia.
Terkait dengan penulisan artikel ilmiah, pemateri mengajak agar hal tersebut dijadikan sebagai panggilan dakwah. “Kita adalah da’i. Da’i tidak harua terkenal”, tandasnya.