Prodi Komunikasi Gelar The 3rd CCCMS

Seiring dengan kemajuan di bidang teknologi dan informasi (era komunikasi baru), dalam beberapa dekade terakhir entitas sosial dan budaya Asia cukup menarik perhatian para ilmuwan, akademisi, profesional maupun pekerja sosial lainnya. Bahkan beberapa tahun terakhir secara signifikan terjadi perubahan  pemahaman terhadap Asia yang tidak lagi hanya sebagai objek studi, namun lebih kepada pintu masuk ke arah perspektif baru atau bahkan menjadi kajian keilmuan (epistemologi) baru. Oleh karenanya, The 3rd Conference On Communication, Culture and Media Studies (CCCMS) 2016 yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) di Auditorium Prof. KHA. Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Selasa-Kamis, 17-19 Muharram 1438 H/18-20 Oktober 2016 pun mengambil tema Ongoing Asia:  A Challenge to Communications yang bertujuan untuk lebih memahami dinamika Asia sekarang (kaitannya dengan era komunikasi baru) denganmenghadirkan Prof. Ien Ang (Professor of Cultural Studies, Institute for Culture and Society Western Sydney University Australia) sebagai keynote speaker.

 

Tokoh pemikir kontemporer bidang kebudayaan yang sejatinya lahir di Jawa Timur-Indonesia dan sangat terkenal di dunia internasional sebagai akademisi dunia tersebut menyampaikan materinya yang  berjudul Asian Communications in the Global Area: From Nationalism to Transnationalism? Selain menghadirkan Prof. Ien Ang, panitia juga menghadirkan dosen senior asal Edith Cowan University, Dr Panizza Allmark yang juga concern  terhadap studi budaya, komunikasi massa dan juga studi media pada sesi plenary speech. Adapun topik CCCMS 2016 diantaranya adalah journalism studies in Asia, communication in context-tourism, new media and civic empowerment, music and movie studies, strategic communication and public engagement, digital media in everyday life in Asia, Asian creative industries, perspectives to look at contemporary Asia, communication and media management, communication in context-religion issues, communication in context-identity, serta digital and mass media convergence in Asia.

Selain didominasi oleh peserta asal Indonesia, CCCMS 2016 juga diikuti oleh peserta dari beberapa negara lain, seperti Phillipina, Thailand, China, Swedia, Jepang, Uni Emirat Arab, Australia,  Malaysia dan juga India. Kegiatan CCCMS 2016 sendiri ditutup dengan aktivitas lava tour ke Gunung Merapi.