FPSB Kembali Gelar Kampung Komunikasi dan Hysteria

Agenda akbar tahunan ‘Kampung Komunikasi-Kakom’ kembali digelar oleh Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia. Opening ceremony dari kegiatan yang sudah masuk dalam skala nasional tersebut dilakukan pada hari Senin, 25 Mei 2015 di depan Gedung Auditorium Kahar Muzakir Kampus Terpadu UII. Dr.rer.nat. Arief Fahmi, S.Psi., MA.HRM., Psikolog, (Dekan FPSB UII), Muzayin Nazaruddin, S.Sos., MA (Ka.Prodi Ilmu Komunikasi) dan Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng (Direktorat Kemahasiswaan UII) tampak hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya sesaat sebelum membuka acara Kakom, Arief Fahmie menyampaikan pengharagan/apresiasi yang tinggi atas kegiatan yang dilakukan. Sedangkan Beni Suranto menberpendapat agar kegiatan ‘Kampung Komunikasi’ tersebut tidak hanya menjadi ‘brand’ Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII saja, tapi ke depan diharapkan bisa menjadi ‘brand UII’. Sementara Muzayin Nazaruddin dalam sambutannya mengkritisi sistem pendidikan nasional yang ‘tidak membebaskan’ dan serba ‘standar’. Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan kampung komunikasi tersebut bisa menjadi salah satu media alternatif bagi mahasiswa untuk benar-benar belajar ‘lebih baik’ daripada sekedar rutinitas kuliah-pulang-main.

Acara Bazaar, Donor Darah, Lomba Mural (lukis dinding), pameran fotografi (art gallery) menjadi agenda pembuka Kakom 2015. Menyusul berikutnya adalah Stand Up Night UII, seminar nasional bertema ‘Taklukan Dunia dengan Kreativitas’, live music, dan akan diakhir dengan ‘dreamland’ dengan menghadirkan Group Musik kenamaan ‘Sheila on Seven dan Nidji’.

Di tempat terpisah dalam waktu yang hampir bersamaan, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FPSB UII juga membuka agenda tahunan ‘‘Happy in Sport Euforia 2013’ atau lebih dikenal dengan ‘Hysteria’. Tarian Borneo Malenggang menjadi sajian pembuka ‘opening ceremony’ yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) UII tersebut. Dalam pesan singkatnya, Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat Arief Fahmie berharap agar para peserta Hysteria bisa bertanding dengan penuh semangat dan menjunjung sportivitas. Adapun lomba yang dipertandingkan meliputi Futsal, Basket, seni dan beberapa lomba lainnya.