Mahasiswa FPSB Ikuti ASEM di Singapore

Jaka Farih Agustian, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia angkatan 2012 kembali menimba pengalaman internasional dengan mengikuti pertemuan pemuda dari berbagai negara yang tergabung dalam Asia-Europe Meeting (ASEM), 10-12 April 2015 di National University Of Singapore. Sebelumnya, Januari 2015 lalu pemuda kelahiran Lamongan Jawa Timur ini juga menimba pengalaman di kancah internasional dalam ajang Asean University Youth Summit 2015 di Malaysia.

Jaka (panggilan akrab Jaka Farih Agustian) memaparkan beberapa agenda penting yang diikutinya, seperti berkunjung ke kedutaan besar dari masing-masing representative negara, working group selama 3 sesi, dan juga forum besar. Dalam kesempatan itu pula, oleh panitia penyelenggara Jaka diminta untuk memberikan gambaran dan mendiskusikan (hasil kajian sebelumnya) seputar negara Swiss, baik dari segi sosial budaya, ekonomi maupun politiknya dengan .

Menurutnya, kegiatan internasional semacam itu akan banyak menambah pengalaman bagi dirinya. Namun demikian, untuk bisa mengikuti kegiatan sejenis memang dibutuhkan tekad dan kemauan yang besar. “Kuncinya ya berusaha-berdoa-tawakkal. Berusaha dengan mencari informasi yang terdapat dalam ruang media internet, jangan lupa minta sama Allah, perbanyaklah berdoa terutama di sela-sela doa yang mustajab (dikabulkan), setelah aplikasi telah dikirim, silahkan mencoba untuk tawakal”, ungkapnya.

Jaka juga menambahkan bahwa seorang mahasiswa sebaiknya tidak hanya terpaku dengan IP semata. Dirinya berharap agar mahasiswa UII semakin berkarya di kancah internasional. “Belajar ke luar negeri memberikan manfaat untuk kualitas hidup kita dan juga dapat memberikan hadiah terbaik untuk kampus dan orang tua”, pungkasnya.