Mappro FPSB Gelar Sumpah Periode XXII

“Bukan sesuatu yang mudah untuk menjalani profesi Psikolog. Jika kita menyalahi perilaku kita yang tidak sesuai dengan sumpah yang baru saja diucapkan, maka naudzubillah mindzalik. Saya tidak menakut-nakuti, tapi sumpah itu Anda ucapkan kepada Allah SWT”. Demikian peringatan yang disampaikan oleh Ketua HIMPSI Wilayah D.I. Yogyakarta, Dr. Helly Prajitno Soetjipto, MA., Psikolog kepada 7 orang lulusan Magister Psikologi Profesi (MAPPRO) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam acara pengambilan Sumpah Profesi Psikolog Periode XXII, Sabtu, 21 Februari 2015.

Dalam kesempatan tersebut Pak Helly sempat juga menyampaikan adanya kasus hukum yang pernah melibatkan kesaksian seorang Psikolog dengan tidak mengindahkan asas praduga tak bersalah. Beliau juga mengkritisi adanya proses praperadilan yang saat ini lebih terkait dengan proses teknis dan bukan materinya.

Sementara Rektor Universitas Islam Indonesia, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutannya menegaskan semakin banyaknya stressor yang saat ini melanda Indonesia, tak terkecuali yang berkait erat dengan dunia perpolitikan. “Disini peran psikolog yang sangat penting dalam memberi rasa nyaman di sekitar kita”, ungkapnya. Rektor juga menegaskan kembali agar para alumni dalam kiprahnya senantiasa melandasinya dengan niatan sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT.