Demam panggung (baca: grogi berbicara di atas panggung-di depan publik) merupakan hal yang biasa dan wajar dialami oleh banyak orang. Survei membuktikan bahwa 90% total populasi di dunia takut berbicara di depan umum. Demikian pengantar yang disampaikan oleh Hangga Fathana, S.IP., BlintSt saat memberikan pelatihan ‘Master of Ceremony-MC dan Protokoler’ bagi tenaga kependidikan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa, 9 Desember 2014 di Audoivisual FPSB UII.

 

Pelatihan dibuka langsung oleh Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat Arief Fahmie, MA.,HRM., Psikolog. Dalam sambutannya, Pak Arief berharap agar ke depan setiap acara fakultas yang membutuhkan MC dapat dipenuhi secara mandiri dari tenaga kependidkan yang sudah mendapat pelatihan.

Selain mendapat materi terkait cara mengatasi demam panggung, komunikasi efektif, persiapan-persiapan yang harus dilakukan (catatan, kondisi tubuh, dll), dan hal-hal yang tidak boleh dan atau harus dilakukan oleh seorang MC, peserta juga diminta melakukan simulasi/praktik membuka acara wisuda UII.

Rencananya pelatihan tersebut akan terus diselenggarakan secara berkesinambungan.