Prodi Ilmu Komunikasi Launching Buku “Media dan Komunikasi Politik di Indonesia”

Image

Fajar Junaidi (Dosen Pembimbing), Masduki (Ka.Prodi) dan Salah seorang penulis buku saat berpose bersama setelah potong tumpeng

Perkembangan komunikasi politik di Indonesia adalah fenomena yang yang menarik dikaji dan diamati secara akademis. Dibukanya kran kebebasan demokrasi seiring dengan runtuhnya kekuasaan orde baru di Indonesia, telah mengakibatkan akselerasi komunikasi politik di Indonesia begitu luar biasa. Hal inilah kiranya yang mendorong mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FPSB UII menulis buku berjudul Media dan Komunikasi Politik di Indonesia. Buku setebal 247 halaman yang baru saja dilaunching pada hari Sabtu, 16 Januari 2010 di Kedai Nusantara, Nologaten, Sleman itu merupakan hasil kerja ”keroyokan” para mahasiswa/i prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII di bawah bimbingan seorang dosen bernama Fajar Junaidi, M.Si. Tak kurang dari 40 mahasiswa ikut ambil bagian menulis buku tersebut. Bintang Putra Hidayat (salah satu penulis) menyatakan bahwa buku tersebut terdiri atas tiga tema besar, yakni media dan komunikasi politik, kampanye dan komunikasi politik di Indonesia, iklan dalam komunikasi politik, citra dan komunikasi politik, serta media baru (facebook) dalam komunikasi politik kelompok penekan dan selebriti politik.