AGENDA TEMU ILMIAH NASIONAL PSIKOLOGI ISLAMI

Dasar Pemikiran

Yogyakarta, Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia. Kepemimpinan selalu menjadi isu yang relevan di tanah air. Hal ini dikarenakan adanya suksesi kepemimpinan di berbagai daerah di tanah air secara langsung melalui Pilkada. Menjelang tahun 2009, isu kepemimpinan kembali mencuat seiring dengan dilaksanakannya pemilihan umum untuk memilih para wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah serta pemilihan Presiden Republik Indonesia.

Pola pemilihan di Indonesia yang seringkali diharapkan sebagai model paling demokratis di dunia rupanya belum mampu menghasilkan pemimpin yang mendatangkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Indikator ini masih tampak nyata pada masih maraknya kasus korupsi yang ada di tanah air, rendahnya kualitas pelayanan publik dan maraknya aksi demonstrasi yang menuntut pergantian pemimpin. Ketiga hal di atas bisa dijadikan sebagai refleksi rendahnya kapasitas moral kepemimpinan yang berlangsung di Tanah Air.

Psikologi sebagai kajian ilmiah atas perilaku dan proses mental manusia manusia juga mengkaji karakteristik pemimpin, baik dari segi pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Berbagai perspektif dalam psikologi memberikan kontribusinya masing-masing dalam mengkonstruksi konsep kepemimpinan yang ideal. Psikologi Islami sebagai salah satu perspektif dalam disiplin psikologi pun turut memberikan sumbangan dalam mengkonstruksi konsep kepemimpinan yang ideal. Sumber inspirasi berupa wahyu Tuhan, sejarah kenabian, dan pola kehidupan ideal masyarakat muslim dalam berbagai budayanya yang memberikan dasar bagi konsep kepemimpinan, khususnya pada wilayah moralitas pemimpin. Kekayaan khazanah pada masyarakat muslim inilah yang menjadi dasar perlunya diselenggarakan kegiatan temu ilmiah nasional dalam upaya mencari rumusan ideal tentang peran Psikologi Islami dalam pengembangan moralitas pemimpin.

Tujuan.

  1. Menjadi forum ilmiah bersama untuk menemukan rumusan ideal tentang konsep moralitas pemimpin berdasarkan perspektif Psikologi Islami dan peran Psikologi Islami dalam pengembangan moralitas pemimpin.
  2. Menjadi salah satu forum ilmiah berskala nasional dalam kajian Psikologi Islami di Indonesia
  3. Sebagai wahana silaturahmi berbagai kalangan yang memiliki minat pada kajian kepemimpinan dan Psikologi Islami.

Rangkaian Acara

Hari I :

 

Seminar Nasional Psikologi Islami “Peran Psikologi Islami dalam Pengembangan Moralitas Pemimpin”

 

Hari II : Pelatihan Psikologi Islami

  1. Pelatihan Shalat Khusyu’
  2. Pelatihan Persiapan Menghadapi Kematian
  3. Pelatihan Family Strengthening

 

Seminar Nasional Psikologi Islami

Kegiatan ini dibagi ke dalam dua sesi, yaitu :

 

Sesi Pleno

  • Sesi pleno menghadirkan beberapa pembicara pakar dalam kajian kepemimpinan, yaitu Prof. Dr. Amien Rais, MA, Prof. Dr. Achmad Mubarok, serta H. Fuad Nashori, S.Psi., M.Si., Psikolog.

Sesi Call for Papers

  • Sesi ini merupakan sesi presentasi makalah yang dikirimkan oleh para peserta seminar. Adapun prosedur pengiriman makalah adalah sebagai berikut :
  1. Makalah diterima panitia terakhir pada tanggal 10 November 2008
  2. Pengiriman dapat dilakukan via e-mail ke [email protected]
  3. Abstrak dikirimkan dengan model pengiriman attachment dengan format 1 spasi, font times new roman 12, maksimal 1 halaman.
  4. Makalah lengkap dikirim dengan model pengiriman attachment dengan format 1 spasi maksimal 11 halaman termasuk daftar pustaka dan CV Penulis.
  5. Pendaftaran peserta paling lambat tanggal 15 November 2008.
  6. Kontribusi peserta di transfer melalui rekening F.PSB No. 137-000-5612748 Bank Mandiri Cab. KK Yogyakarta Kaliurang.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 22 & 23 November 2008 Pukul. 08.00 – 15.00 wib di Hotel Saphir Yogyakarta, Jl. Laksda Adisucipto No. 38 Yogyakarta.

Kontribusi Peserta Seminar :

  • Mahasiswa S1  : Rp 200.000,-
  • Anggota API/Pemakalah/Mhs. S2 : Rp 250.000,-
  • Umum  : Rp 300.000,-
  • Proceeding : Rp 100.000,-

Kontribusi Peserta Pelatihan (untuk 1 pelatihan)

  • Umum/Mhs. S2 : Rp 300.000,-
  • Mhs. S1 / API : Rp 250.000,-

Kontribusi Peserta Seminar dan 1 pelatihan

  • Mahasiswa S1/Anggota API  : Rp 400.000,-
  • Umum/Mhs. S2  : Rp 500.000,-

Pendaftaran & Contact Person

  • Sus Budiharto : .
  • Endro Mustofa : .
  • F. PSB UII : 0274-898444 ekstensi : 2114 (Muslimah)
  • E-mail : [email protected]