Mempersiapkan Dunia Kerja Bersama Seminar Karir FPSB UII

/in /by 

Seminar Karir Periode V

     Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali bersyukur dan menyambut kelulusan alumni-alumninya yang akan di wisuda pada paruh akhir bulan September tahun ini. sebagai agenda rutin, FPSB UII mengadakan seremoni pelepasan alumni yang dikemas bersama dengan seminar karir yang dipandu oleh alumni-alumni pilihan terbaik. Pada kesempatan kali ini, pelepasan alumni dan seminar karir diadakan di Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Terpadu UII pada Senin (23/09).

Materi bertajuk “Empowering Youth for a Stronger Nation” dipilih untuk dibawakan pada seminar karir kali ini. Disampaikan oleh Yogatama Yalesena, Alumni Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FPSB UII yang juga tengah berkarir dalam bidang Corporate Communication di PT Pelindo. Diikuti oleh ratusan calon wisudawan dan wisudawati FPSB UII, agenda seminar karir ini juga dilengkapi dengan penganugerahaan penghargaan bagi para lulusan terbaik dari setiap prodi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FPSB UII, Nizamuddin Sadiq, S.Pd., M.Hum., Ph.D., Ketua Prodi Psikologi, Hazira Qudsyi, S.Psi., M.A., Ketua Jurusan/Prodi Ilmu Komunikasi, Iwan Awaluddin Yusuf, S.IP., M.Si., Ph.D., Ketua Jurusan/Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Puji Rahayu, S.Pd., MLST., serta Sekretasi Jurusan/Prodi Hubungan Internasional, Enggar Furi Herdianto, S.I.P., M.A.

Foto bersama Wakil Dekan, Jajaran Ketua Program Studi, serta Alumni FPSB UII

Dalam sambutannya, Nizamuddin Sadiq mengungkapkann rasa Syukur berkat raihan kelulusan yang telah dicapai oleh para alumni yang hadir. Ia berharap bahwa para alumni FPSB UII dapat senantiasa menebar kebermanfaatan di manapun berada. Nizamuddin juga meyakini bahwa nilai akhir yang dicapai ketika lulus tidak selalu menjadi patokan kesuksesan seseorang. Di atas semua itu, keterampilan dan tekad yang kuat akan menjadi faktor pendorong yang besar dalam mencapai keberhasilan.

Sembari membagikan pengalamannya, Pria yang akrab disapa Pak Nizam tersebut juga mengingatkan para alumni untuk tidak pernah berhenti belajar dan tidak takut untuk mencoba hal baru. Karena dengan prinsip tersebut, kesempatan-kesempatan baru juga diharapkan akan terus berdatangan. Di akhir sambutannya, Ia juga tidak ketinggalan mengingatkan para alumni untuk tetap berbahagia, serta menyempatkan diri untk merayakan kelulusan yang akan diraih sebentar lagi. “Silahkan setelah ini menata diri, silahkan bergembira, selamat diwisuda dan merayakan kelulusan. Jangan lupa merayakan keberhasilan kita, untuk kesuksesan kita meraih gelar sarjana di pundak masing-masing,” tuturnya.

Sesi berikutnya dimeriahkan oleh sambutan dari lulusan terbaik FPSB UII yang berasal dari Prodi Ilmu Komunikasi, Arsila Khairunnisa. Ia berhasil meraih gelar Sarjana dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna (4.00). Sebagai lulusan terbaik, Arsila menganggap bahwa kemampuan untuk terus belajar, beradaptasi, dan membawa dampak positif adalah nilai dan kekuatan yang dibawa oleh dirinya dan lulusan FPSB UII pada umumnya.

Menurutnya pula, berkuliah di FPSB UII membekali dirinya dan alumni lain dengan etika, nilai-nilai keislaman, dan kesadaran sosial yang besar di samping ilmu pengetahuan sesuai Prodi masing-masing. Mengakhiri sambutannya, Arsila menyempatkan diri untuk mengutip sebuah pepatah dari Presiden Amerika Serikat ke 35 tapi juga pernah dikutip oleh Pak Rektor kita tercinta. “If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together,” pungkasnya.

Agenda inti kemudian diisi dengan materi dari Yogatama yang memberikan gambaran singkat tentang dinamika dunia kerja. Diperas dari pengalaman pribadinya sebagai alumni UII yang tengah bekerja sesuai dengan minat serta bakatnya, Ia mengungkap bahwa menjalin relasi adalah bagian tidak terpisahkan dari perjalannya membangun karir. Yoga juga memberikan kesempatan pada para alumni untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar dunia kerja. (Hizbi)