Laboran Komunikasi Kembali Ukir Prestasi

Kaliurang-UIINews. “Alhamdulillah dengan ijin Allah SWT serta dukungan teman-teman, keluarga, sahabat, Laboratorium Ilmu Komunikasi UII dan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UII (asisten laboratorium & komunitas film) saya berhasil memperoleh penghargaan sebagai Juara 1 film pendek dokumenter Youth Program bertemakan Water and Sanitation Towards Sustainable Development yang diselenggarakan oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia dalam rangka International Water Week dan Water Sanitation and Cities Forum 2015”, demikian ungkap Laboran Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Marjito Iskandar Tri Gunawan, A.Md, usai menerima pengharagaan berupa sertifikat dan uang pembinaan sebesar Rp 10.000.000 (terbilang: sepuluh juta rupiah) yang diserahkan secara langsung oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia di Jakarta Convention Centre, Rabu, 27 Mei 2015.

Menurut pemilik sapaan akrab ‘Mas Gun’ ini waktu pengumpulan karya dimulai pada bulan April-Mei 2015 dengan 2 jenis lomba (foto dan film pendek) dengan 2 kategori (Mahasiswa dan Umum). Lomba film pendek itu sendiri mengambil tema seputar peran pemuda dalam berkarya menciptakan pemukiman berkelanjutan. Adapun film karya ‘Mas Gun’ berkisah tentang kiprah pemuda di Desa Banyusuco Kecamatan Playen Propinsi Gunung Kidul dalam mengupayakan air bersih untuk kebutuhan warga desa setempat.

“Acara penghargaan itu merupakan bagian dari rangkaian acara yang dibuka secara resmi oleh wakil presiden RI Yusuf Kalla dan terdiri dari  Forum Water, Sanitation and Cities Conference 2015, Indonesia International Water Week 2015, National Urban Forum, Youth Program, Pameran WSC, dan Seminar Kota Pusaka yang dihadiri oleh sekitar 100 narasumber dan moderator serta 800 peserta. Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur DKI Jakarta, Kepala Basarnas, para mantan Menteri Pekerjaan Umum serta pejabat dan perwakilan dari lembaga nasional maupun internasional. Harapannya dengan adanya pembuatan film ini dapat menjadi media pembelajaran dan pengalaman bagi Staf Asisten Laboratorium dan Mahasiswa”, pungkasnya.

Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat Arief Fahmie, MA mengapresiasi atas raihan yang membanggakan tersebut. “Selamat atas prestasi yang diraih dan semoga membawa keberkahan”, ungkap Pak Arief Fahmie.