FPSB

Articles

Komunikasi Gelar Kuliah Umum "News Coverage in the Age of Donald Trump"

Sebuah hasil survey bertitel “Do you like Donald Trump?” disampaikan oleh Prof. Wayne Wanta, seorang researcher asal Departmenet of Journalism at the University of Florida, USA pada acara kuliah umum bertema “News Coverage in the Age of Donald Trump” yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan American Institute of Indonesian Studies (AIFIS) , Jumat, 10 Maret 2017 di R. Auditorium Perpustakaan Pusat Kampus Terpadu UII. Dari hasil survey tersebut diketahui bahwa kebanyakan responden tidak menyukai atau bahkan membenci Donald Trump. 

Lebih jauh sosok yang pernah mempresentasikan makalah di 50 negara berbeda dan telah menulis lebih dari 180 artikel penelitian bidang komunikasi politik dan efek media tersebut membeberkan tentang kondisi media/efek pemberitaan media terkait terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS. Banyak media yang mengutip akun tweeters Donald Trump sebagai sumber berita.  Hal ini tentulah sangat tidak tepat. Seringnya pemberitaan yang tidak sesuai dengan kenyataan yang dirasakan masyarakat, justeru memicu banyak protes/kritikan dari masyarakat. Bahkan masyarakat Amerika banyak yang sudah tidak begitu percaya terhadap media yang ada.

Keadaan ini menurut  Prof. Wayne Wanta bisa diatasi salah satunya dengan tidak lagi mengambil berita dari dari tweeter milik Donald Trump, tapi bisa melalui jumpa pers. Apabila kritikan/protes masyarakat mendapat perhatian yang serus, maka kemungkinan besar simpati masyarakat Amerika ataupun bahkan masyarakat negara lain juga akan didapatkan.