Pengumuman Masa Transisi Kelembagaan

Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Yth. Pengunjung Website,

Diberitahukan bahwa sejak 1 Juni 2025, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia telah resmi dimekarkan menjadi:

  1. Fakultas Psikologi (FP), dan
  2. Fakultas Ilmu Sosial Budaya (FISB)

Penyesuaian kanal informasi saat ini sedang berlangsung, termasuk pengembangan laman dan media sosial yang mandiri untuk masing-masing Fakultas.

Selama masa transisi kelembagaan hingga 31 Desember 2025, seluruh informasi terkait layanan kedua fakultas selama masa transisi dapat diakses melalui laman fpscs.uii.ac.id/transisi dan akun Instagram @fpsb.uii.

Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul selama masa penyesuaian ini.

Terimakasih

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh 

Informasi Pemekaran Fakultas

Mulai tanggal 1 Juni 2025, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia secara resmi dimekarkan menjadi Fakultas Psikologi serta Fakultas Ilmu Sosial Budaya. 

Program studi yang berada dalam naungan Fakultas Psikologi adalah:

  • Psikologi Program Sarjana
  • Psikologi Program Profesi
  • Psikologi Program Magister

Program studi yang berada dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial Budaya adalah:

  • Ilmu Komunikasi Program Sarjana (+IP)
  • Ilmu Komunikasi Program Magister
  • Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana
  • Hubungan Internasional Program Sarjana (+IP)

Menindaklanjuti pemekaran ini, terdapat perubahan struktur kepemimpinan di masing-masing fakultas sebagai berikut: 

Fakultas Psikologi 

Dekan: Dr.Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si.
Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Resnia Novitasari, S.Psi., M.A.
Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Sonny Andrianto, S.Psi., M.Si., Ph.D.

Fakultas Ilmu Sosial Budaya

Dekan: Prof. Dr.rer.soc. Masduki, S.Ag., M.Si.
Wakil Dekan Bidang Sumber Daya: Irawan Jati, S.IP., M.Hum., M.SS, Ph.D.
Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni: Nizamuddin Sadiq, S.Pd., M.Hum., Ph.D.

Untuk akses layanan akademik dan kemahasiswaan, silakan mempelajari informasi lengkap yang tersedia di laman ini. Informasi akan terus dimutakhirkan seiring dengan perkembangan masa transisi kedua fakultas, silakan memeriksa secara berkala. 

Informasi Layanan Mahasiswa

Akademik

Pelayanan akademik bagi mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Sosial Budaya selama masa transisi dilakukan di Gedung Soekiman Wirjosandjojo Lantai 3 Sayap Barat. Layanan dilakukan Senin-Jumat, pukul 08.00-16.00 WIB. Mahasiswa juga dapat memantau kanal Instagram @daaupdate atau menghubungi kontak WhatsApp Divisi Administrasi Akademik di nomor 083844593479

Selama masa transisi berlangsung, panduan akademik yang berlaku untuk seluruh program studi di kedua fakultas adalah yang sudah diterbitkan di bawah Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, dan dapat diakses pada tautan berikut ini:  https://fpscs.uii.ac.id/blog/2023/12/15/e-book-panduan-akademik-mahasiswa-fpsb-ta-2023-2024/ 

Kemahasiswaan 

Selama masa transisi sedang berlangsung, layanan kemahasiswaan seperti pengajuan dana serta persuratan terkait kepentingan kelembagaan mahasiswa ditujukan kepada Wakil Dekan Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni di fakultas baru sesuai dengan program studi Anda berada. 

Kepemimpinan dan kegiatan kelembagaan di tingkat fakultas seperti DPM, LEM, serta unit kegiatan mahasiswa lainnya masih dilaksanakan lintas fakultas hingga akhir tahun 2025. 

Keperluan lain yang berkaitan dengan kemahasiswaan dapat menghubungi tenaga kependidikan di bawah ini: 

Fakultas Psikologi
Farhan Alfarizi (No. HP 082137229019)

Fakultas Ilmu Sosial Budaya
Tri Purnama (No. HP 089668203023)

Layanan Program Studi

Layanan masing-masing jurusan maupun program studi dapat menghubungi kontak di bawah ini:

Fakultas Psikologi

Jurusan Psikologi
Website: psychology.uii.ac.id
Email: [email protected]
Instagram: @psikologi.uii
Whatsapp: 0857-7111-1365

Fakultas Ilmu Sosial Budaya

Jurusan Ilmu Komunikasi
Website: communication.uii.ac.id
Email: [email protected]
Instagram: @komunikasiuii.official
Instagram Program Internasional: @ip.communications.uii
YouTube: @IKONISIATV

Jurusan/Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Website: pbi.uii.ac.id
Email: [email protected]
Instagram: @pendidikanbahasainggrisuii
YouTube: @pbiuii

Jurusan/Program Studi Hubungan Internasional
Website: ir.uii.ac.id
Email: [email protected]
Media Sosial: ir.uii.ac.id/connect
WhatsApp: 0838-5755-6060
Youtube: @intrelationsuii

Soal Sering Ditanya (SSD)

Mahasiswa yang melaksanakan wisuda setelah 1 Juni 2025 akan diwisuda dan menerima ijazah dengan nama fakultas baru sesuai dengan program studi Anda berada.

Pelaksanaan kegiatan akademik akan berjalan sesuai dengan fakultas baru sesuai program studi Anda berada, dan berada di bawah koordinasi program studi masing-masing. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, silakan menghubungi kontak program studi yang tertera di laman ini.

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) di masing-masing program studi di kedua fakultas tidak mengalami perubahan selama masa transisi ini. Apabila terdapat perubahan, masing-masing fakultas akan menginformasikan kepada mahasiswa melalui program studi masing-masing. 

Perubahan ini tidak mempengaruhi pelaksanaan perkuliahan ataupun kurikulum yang telah diterapkan di masing-masing program studi.

Mahasiswa dan alumni yang memerlukan layanan akademik dapat mengakses layanan tersebut melalui Kontak Layanan Program Studi yang tertera di laman ini.

Dalam masa transisi pemekaran fakultas, layanan umum maupun akademik Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Sosial Budaya masih terintegrasi dalam layanan yang sama. Bagi mahasiswa atau alumni yang hendak mengakses layanan umum dapat diakses pada ruang Divisi Umum/Rumah Tangga di Gedung Soekiman Wirjosandjojo lantai 1 sayap timur (timur Mushola).

Bagi mahasiswa atau alumni yang hendak mengakses layanan akademik dapat diakses pada ruang Divisi Administrasi Akademik di Gedung Soekiman Wirjosandjojo lantai 3 sayap barat, atau melalui WhatsApp 083844593479.

Dalam masa transisi, seluruh layanan tugas akhir masih terintegrasi melalui SIM Tugas Akhir yang berjalan saat ini. Mahasiswa diharapkan menyesuaikan nama fakultas di template dokumen tugas akhir dengan nama fakultas baru sesuai dengan program studi Anda berada. Apabila ada perubahan, informasi lebih lanjut akan disampaikan melalui fakultas maupun program studi masing-masing.

Kegiatan perkuliahan di semester berikutnya tetap berjalan di bawah koordinasi masing-masing program studi. Apabila ada prosedur atau pertanyaan lebih lanjut mengenai administrasi cuti maupun aktivasi status kuliah, dapat menghubungi Divisi Administrasi Akademik di Gedung Soekiman Wirjosandjojo lantai 3 sayap barat, atau melalui WhatsApp 083844593479.

Pemekaran Fakultas ini tidak mengubah status akreditasi dari masing-masing program studi. Tidak ada status akreditasi pada fakultas.

Pemekaran fakultas ini tidak mempengaruhi SKS yang telah diambil mahasiswa. Seluruh kegiatan akademik berjalan seperti biasa.

Pemekaran fakultas ini tidak berpengaruh terhadap kalender akademik. Seluruh kegiatan yang telah terjadwal dalam kalender akademik tetap dijalankan sesuai yang tercantum di sana. Apabila ada perubahan terkait agenda yang tercantum di dalamnya, maka akan diumumkan oleh fakultas masing-masing.

Pemekaran fakultas ini tidak berpengaruh terhadap kegiatan KKN. Kegiatan ini berada di bawah koordinasi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM UII).

Bagi mahasiswa maupun organisasi kemahasiswaan yang hendak meminjam ruangan tetap dapat mengikuti prosedur yang berjalan sebelumnya dengan menghubungi Divisi Umum/Rumah Tangga di Gedung Soekiman Wirjosandjojo lantai 1 sayap timur (timur Mushola).

The separation of faculty will not affect international students. All academic processes will run as usual. Students who need more information can reach the Secretary of the International Program in each department.

Kegiatan perkuliahan tidak berubah dalam masa transisi ini dan tetap berjalan seperti yang dijadwalkan. Apabila ada yang perlu dikonsultasikan mengenai kegiatan perkuliahan, dapat menghubungi Divisi Administrasi Akademik di Gedung Soekiman Wirjosandjojo lantai 3 sayap barat, atau melalui WhatsApp 083844593479.