FAQ Layanan Akademik
(Frequently Asked Questions)
Kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan kepada kami
Layanan Akademik
Bagaimana prosedur ganti nomor WA yang terdaftar di UIIGateway karena nomor WA saya sudah ganti?
Penggantian data nomor kontak bisa menghubungi BSI via whatsApp atau menghubungi urusan Teknologi Informasi Fakultas. Jangan lupa perlihatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Asli yang berlaku.
Bagaimana prosedur update data induk mahasiswa yang ada di UIIGateway ?
Update data bisa hubungi petugas universitas (Direktorat Layanan Akademik) atau kirim email ke [email protected]
Bagaimana prosedur penggantian ijazah yang rusak atau hilang?
Ijazah tidak diterbitkan ulang, ijazah yang hilang atau rusak akan diberikan surat keterangan pengganti Ijazah, prosedurnya pengajuan ke Universitas atau lewat email [email protected], dengan melampirkan surat keterangan dari pihak terkait
Bagaimana prosedur tentang penggantian transkrip nilai yang rusak atau hilang?
Pengajuan langsung melalui Divisi Administrasi Akademik fakultas dengan menyertakan syarat (surat kehilangan dari kepolisian atau keterangan rusak) kemudian akan diterbitkan kembali duplikat transkrip nilai yang ditandatangani Dekan.
Terkait dengan pengajuan cuti, apakah harus menyelesaikan tagihan?
Pengajuan Cuti Kuliah melalui UIILayanan di UIIGateway lalu ikuti alurnya, jika disetujui tanpa melunasi tagihannya maka nanti akan ada approval berjenjang oleh Ketua Prodi, Dekan, Direktur DLA, Warek 1 atau ditolak.
Kenapa nilai Pengembangan Diri Qurani saya yang belum kunjung keluar meskipun sudah menyelesaikannya?
Nilai bisa ditanyakan lebih lanjut ke petugas taklim Fakultas untuk dicek kembali
Pengajuan tutup teori melalui link yang ada, proses sampai berubahnya status tutup teori di UIIGateaway berapa lama?
Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi maksimal 24 jam kerja
Perihal surat keterangan aktif kuliah, dimana tautan yang bisa diakses?
Pengajuan bisa dengan mengisi formulir di s.id/SKA-FPSBUII atau hubungi petugas Divisi Administrasi Akademik fakultas secara langsung
Perihal status mahasiswa di UIIGateway kapan di-update menjadi lulus setelah mengikuti yudisium? Karena status masih tertulis aktif
Jika persyaratan sudah memenuhi, maksimal 24 jam akan di-update
Bagaimana cara mendapatkan tanda tangan beserta transkrip nilai/KHS beserta cap legalisir?
Untuk mendapatkan tanda tangan dan stempel silahkan hubungi email prodi masing-masing, untuk legalisir dan stempel dapat langsung ke Divisi Administrasi Akademik
Layanan legalisasi ijazah dan transkrip nilai apakah diurus secara mandiri atau bagaimana? Dan apakah bisa secara online?
Legalisir secara langsung bisa ke Divisi Administrasi Akademik, jika menginginkan secara online silahkan kunjungi website fakultas masing-masing terdapat informasi layanan legalisir online
Izin bertanya, kalau mau minta tanda tangan kaprodi melalui siapa?
Pengajuan silahkan bisa langsung ke masing-masing staf prodi atau melalui email prodi
Apakah ada layanan konseling bagi mahasiswa?
Layanan konseling bisa hubungi Direktorat Kemahasiswaan Universitas atau buka website kemahasiswaan.uii.ac.id
Permohonan atau pengajukan KHS dalam Bahasa Inggris menghubungi bagian apa?
Silahkan mengajukan translate melalui prodi masing-masing untuk diteruskan ke Divisi Administrasi Akademik.
Bagaimana prosedur Pengajuan translate Ijazah?
Permohonan dapat menghubungi Direktorat Layanan Akademik universitas melalui website academic.uii.ac.id/akademik/alih-bahasa-ijazah.
Izin bertanya apakah saya bisa mengambil hasil legalisir langsung ditempat?
Hasil legalisir bisa dipantau di s.id/Rekaplegalisir dan bisa diambil langsung ke Divisi Administrasi Akademik lantai 3 Gedung Soekiman Wirjosandjojo.
Saya mau bertanya utk proses legalisir apakah bisa sehari jadi?
Proses legalisir diperkirakan selesai 3-5 hari kerja. Alumni dapat memantau di s.id/Rekaplegalisir
Mau bayar tagihan tapi masih belum bisa? Apa batas waktunya sudah terlewat? Bolehkah dibantu?
Cek informasi tanggal kedaluwarsa lewat UIITagihan, jika sudah lewat hubungi petugas staf Dekanat fakultas untuk alur pembukaannya.
Bagaimana cara mendapatkan sertifikat Akreditasi Universitas maupun Prodi?
Bisa unduh secara mandiri melalui website academic.uii.ac.id/new/layanan/akreditasi
Permohonan surat rekomendasi akan lanjut mendaftar S2, biasanya proses mengajukan surat rekomendasi berapa lama?
Permohonan surat rekomendasi melalui prodi masing-masing atau bisa melalui email prodi.
Menanyakan status kemahasiswaan anak saya, kok saya tanyakan ke bagian administrasi, katanya non aktif?
Untuk layanan orangtua supaya dapat memantau perkembangan studi silahkan mengajukan pembuatan akun UIIGateway Ortu dimana alur bisa dilihat pada website bsi.uii.ac.id.
Bagaimana jika data pendaftaran wisuda tidak dapat diupdate?
Kendala tentang wisuda ke Direktorat Layanan Akademik (DLA) atau dapat ditanyakan ke panitia wisuda lewat pic dengan nomor 085740005556 atau email: [email protected].
Tanya tentang pelaksanaan wisuda, peminjaman toga, undangan wisuda.
Untuk lebih lengkap informasi tentang wisuda bisa menghubungi email [email protected] atau website academic.uii.ac.id serta ig @akademikuii
Bagaimana prosedur mengubah data diri yang salah di laman DIKTI?
Perubahan data ditujukan ke petugas/operator Universitas dengan permohonan PDM (Perubahan Data Mahasiswa) untuk lebih jelas syarat dan ketentuan disilahkan hubungi email [email protected]
Layanan Ujian/Asesmen
Bagaimana syarat bisa mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS)?
Mahasiswa harus memiliki presensi hadir kuliah minimal 75% dari total pertemuan.
Apakah saat ujian wajib membawa kartu ujian?
Saat ini fakultas tidak mensyaratkan kartu ujian, cukup menunjukkan KTM atau e-KTM (di Menu UIIAkademik di UIIGateway) dan wajib menampilkan foto. Jika tidak membawa KTM atau belum memiliki foto bisa membuat surat pengantar dari Divisi Administrasi Akademik untuk mengikuti ujian.
Surat pengantar ini hanya bisa dikeluarkan maksimal 3x. Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan untuk segera mengurus foto di KTM di Direktorat Layanan Akademik (DLA).
Untuk ujian susulan akan diberitahu jadwalnya kapan ya?
Pemberitahuan Ujian Susulan melalui email UII ke akun masing-masing peserta.
Mohon informasi tentang pengajuan ujian susulan (UTS maupun UAS) bagaimana prosedurnya?
Silahkan membuat surat ke Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni (Wadek KKA) berisi NIM, nama mahasiswa, alasan minta susulan, nama mata ujian, kelas, dosen pengampu, dan tanggal pelaksanaan ujian. Lampirkan bukti pendukung surat dalam format PDF dan dikirim ke email: [email protected]
lalu mengisi form s.id/SusulanUjian
Pengajuan tersebut baru akan kami proses setelah UTS/UAS selesai.
Untuk Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) silakan hubungi Direktorat Layanan Akademik: 085740005556.
Jika mengajukan surat izin penelitian (skripsi) akan keluar berapa hari nggih?
48 jam setelah pengajuan pada hari dan jam kerja dan akan dikirimkan ke email UII mahasiswa yang bersangkutan.
Tanya terkait dengan tagihan SPP. Waktu itu saya sudah sidang dan yudisium, tetapi disini ternyata masih tertera tagihan jadi bagaimana cara membatalkannya?
Syarat yudisium semeter ganjil adalah SPP angsuran 1 dan SPP angsuran 2, sedangkan syarat yudisium semester genap adalah SPP angsuran 3 dan SPP angsuran 4. Jika yudisium pada awal semester akan diajukan permohonan pengembalian SPP oleh Divisi Administrasi Akademik ke Rektor.
Saya sudah membayar pendadaran dan melakukan pengajuan pendadaran. Namun pada bukti bayar, tidak menampilkan keterangan NIM, Prodi, dan Jenis Pembayaran. Sebelumnya juga saya sudah mengajukan pengaktifan VA melalui gform.
Bukti bayar tersebut bisa diunggah sebagai lampiran file saat saudara, data nama sudah mencukupi sebagai bukti
Untuk surat bebas perpustakaan, surat bebas laboratorium, sertifikat KKN itu aksesnya dimana?
Untuk surat bebas pustaka silahkan ke Perpustakaan UII (Gedung Moh. Hatta), bebas laboratorium ke laboratorium yang bersangkutan, sedangkan sertifikat KKN untuk saat ini tidak diterbitkan (cukup dibuktikan dengan nilai KKN yang sudah tertera di KHS).
Bagaimana prosedur ganti judul skripsi melalui sistem TA?
Pergantian judul skrispi dilakukan dengan menghubungi langsung staf bagian Asesmen di Divisi Adminitrasi Akademik
jika sudah mengikuti yudisium dan terlanjur membayar spp bagaimana ya?
Mahasiswa yang sudah mengikuti prosesi yudisium kemudian masih memasuki semester berjalan, maka SPP dapat di-refund, proses akan dilakukan oleh petugas fakultas
Layanan Skripsi/Tugas Akhir
Berapa lama surat izin penelitian (skripsi) akan keluar?
48 jam setelah pengajuan pada hari dan jam kerja dan akan dikirimkan ke email UII mahasiswa yang bersangkutan.
Tanya terkait dengan tagihan SPP. Waktu itu saya sudah sidang dan yudisium, tetapi disini ternyata masih tertera tagihan jadi bagaimana cara membatalkannya?
Syarat yudisium semeter ganjil adalah SPP angsuran 1 dan SPP angsuran 2, sedangkan syarat yudisium semester genap adalah SPP angsuran 3 dan SPP angsuran 4. Jika yudisium pada awal semester akan diajukan permohonan pengembalian SPP oleh Divisi Administrasi Akademik ke Rektor.
Saya sudah membayar pendadaran dan melakukan pengajuan pendadaran. Namun pada bukti bayar, tidak menampilkan keterangan NIM, Prodi, dan Jenis Pembayaran. Sebelumnya juga saya sudah mengajukan pengaktifan VA melalui gform.
Bukti bayar tersebut bisa diunggah sebagai lampiran file saat saudara mengajukan pendadaran di SIM TA, data nama sudah mencukupi sebagai bukti.
Untuk surat bebas perpustakaan, surat bebas laboratorium, sertifikat KKN itu aksesnya dimana?
Untuk surat bebas pustaka silahkan ke Perpustakaan UII (Gedung Moh. Hatta),
untuk surat bebas laboratorium ke laboratorium yang bersangkutan, sedangkan
sertifikat KKN untuk saat ini tidak diterbitkan (cukup dibuktikan dengan nilai KKN yang sudah tertera di Kartu Hasil Studi/KHS).
Bagaimana prosedur ganti judul skripsi melalui SIM TA?
Pergantian judul skripsi dilakukan dengan menghubungi langsung staf bagian Asesmen di Divisi Administrasi Akademik (DAA) Gedung Soekiman Wirjosandjojo lantai 3.
Jika sudah mengikuti yudisium dan terlanjur membayar SPP bagaimana?
Mahasiswa yang sudah mengikuti prosesi yudisium kemudian masih memasuki semester berjalan, maka SPP dapat di-refund, proses akan dilakukan oleh petugas fakultas.
Bagaimana prosedur perpanjang skripsi, rentang waktunya sampai kapan?
Perpanjang skripsi dilakukan dengan Key In skripsi, lalu mengisi menu perpanjang di SIM TA sesuai jadwal di setiap semester
Bagaimana cara mendaftar skripsi?
Melakukan key in skripsi/tugas akhir, lalu mendaftar di SIM TA sesuai jadwal di setiap semester.
Jika akan daftar sidang pendadaran, apakah saya harus key in? Dan apakah harus membayar uang perpanjangan skripsi juga?
Jika sudah masuk semester baru maka harus key in dan membayar biaya perpanjangan skripsi.
Ingin bertanya tentang DPS karena belum dapat lanjut diproses dan juga belum mendapatkan dosen pembimbing?
Layanan Perkuliahan
Saya ingin mengajukan izin kuliah, tetapi kenapa tidak bisa di-submit ya?
Pengajuan ijin melalui SIM NKMD bisa dilakukan jika sudah memasuki masa perkuliahan dan pastikan file yang diunggah sesuai format.
Saya mau mengirim surat izin di SIM NKMD tetapi pengajuan izinnya lagi ditutup, itu bagaimana?
Pengajuan ijin lewat Sistem NKMD bisa dilakukan jika sudah memasuki masa perkuliahan dan tanggal terakhir sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) dimana batas terakhir tanggal tersebut bisa dilihat di kanal media sosial, telegram dan website fakultas.
Berapa kali batas maksimal toleransi untuk bolos/alpha kuliah?
Mata kuliah dengan SKS 2-3 maksimal alpha 3 kali, mata kuliah dengan SKS 4-6 maksimal alpha 7 kali.
Kemren saya belum sempat checkout mata kuliah yang sudah saya pilih karena belum melunasi tagihan SPP, apakah jika saya melunasinya bisa di checkout?
Check-out RAS bisa dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa paling akhir pada masa Revisi RAS, jika lewat dari masa tersebut silahkan hubungi dulu pihak prodi untuk dibantu keyin oleh petugas.
Saya ingin mengkey-in kan mata kuliah skripsi tetapi akun UIIGateway saya tertulis "Jadwal key in belum tersedia". Mohon bantuannya.
Silahkan hubungi petugas Divisi Administrasi Akademik untuk melakukan pengecekan setting kurikulum. Silahkan cek dan coba kembali beberapa saat.
Kenapa saya tidak bisa key in? UIIGateway lemot/eror
- Pastikan Anda menggunakan device yang sehat (tidak bermasalah perangkat lunak dan perangkat keras-nya).
- Pastikan koneksi internet Anda stabil (tidak putus nyambung)
- Untuk update jika ada maintenance akan kami sampaikan melalui Telegram atau bisa menanyakan ke Bagian Teknologi Informasi Fakultas atau IT Support BSI
Bagaimana prosedur pelaporan kendala perkuliahan di kelas?
Silahkan datang ke Bagian Perkuliahan Divisi Administrasi Akademik di lantai 3 Gedung Soekiman Wirjosandjojo.
Permasahan perkuliahan meliputi kendala visual (projector/TV) dan audio (pengeras suara) serta kendala lainnya misalnya kelistrikan, lampu, AC, dan lain-lain