Fuad Nashori Terpilih Kembali Sebagai Ketua IIUCP Forum

Dr. Fuad Nashori, Psikolog kembali terpilih secara aklamasi sebagai ketua IIUCP Forum untuk periode ketiga (2022-2026) pada forum musyawarah pimpinan fakultas psikologi 20 universitas Islam anggota IIUCP Forum yang berlangsung di Universitas Islam Riau,  Pekanbaru, 26 November 2022. Amanah ketua ini merupakan amanah ketiga setelah sebelumnya terpilih pertama kali untuk periode 2014-2018 dan berlanjut di periode 2018-2022.

IIUCP Forum (Inter-Islamic University Conference on Psychology Forum) sendiri adalah organisasi berbagai universitas Islam yang mendorong pengembangan psikologi Islam dan sumber daya manusia perguruan tinggi anggota forum. Dua kegiatan tahunan yang diselenggarakan IIUCP Forum adalah Kompetisi Ilmiah Mahasiswa Islam Universitas Islam dan konferensi IIUCP.

Konferensi yang diberi nama Inter-Islamic University Conference on Psychology sudah berlangsung 9 kali yg berlangsung di 9 universitas. Tahun ini adalah iiucp yg ke sembilan kali. “Alhamdulillah tahun ini sangat sukses. Target 100 fullpaper, alhamdulillah sukses mengumpulkan 150 fullpaper,” tutur tokoh psikologi Islam ini. Fullpaper itu akan masuk prosiding yg diterbitkan oleh panitia dan sebagian masuk ke sekitar 20 jurnal psikologi universitas Islam anggota IIUCP Forum.

Kimpsi Universitas Islam adalah nama kompetisi mahasiswa antar Universitas Islam anggota IIUCP Forum. Tahun ini Kimpsi sudah diselenggarakan untuk ketiga kalinya. Ada 11 jenis lomba atau 21 kategori lomba yg setiap tahun dipertandingkan, yaitu paper  hasil riset, proposal penelitian, modul intervensi, infografis, desain, dakwah, qiraah, vlog, film (movie), fotogragi, dan. Tahun ini, UII menjadi juara umum dalam lomba yang berlangsung di Unissula, 28-29 Oktober 2022. UII untuk pertama kalinya jadi juara umum dengan menyabet 13 medali dari 63 medali yang tersedia.

Disampaikan oleh dosen berprestasi UII 4 kali dan dosen berprestasi Kopertis/Lldikti DIY ini bahwa konferensi IIUCP ke-10  akan berlangsung di Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banca Aceh pada pada Juni/Juli 2023. Sementara itu kompetisi Kimpsi direncanakan berlangsung akhir Oktober 2023 di Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Semarang.