PBI Luncurkan 2 Buku Ajar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil menerbitkan 2 buku ajar masing-masing berjudul Pendidikan Profetik karya , S.Pd., M.L.S.T., Ph.D (Prodi PBI), Astri Hapsari, S.S., M.TESOL (Prodi PBI) dan Hazhira Qudsyi, S.Psi., M.A. (Prodi Psikologi)  serta Buku  Manajemen Kelas dalam Perspektif Islam karya Banatul Murtafi’ah, S.Pd., M.Pd. (Prodi PBI), Dian Febriany Putri, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Prodi Psikologi) dan Latifatul Laili, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Kedua buku tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dosen Prodi PBI FPSB UII dan Dosen Prodi Psikologi FPSB UII. Secara khusus kedua buku dibedah pada Sabtu, 13 Syawal 1443 H/14 Mei 2002.

Menurut Puji Rahayu Buku Pendidikan Profetik tersebut merupakan terjemahan dari mata kuliah Prophetic Education.  Harapannya adalah agar mahasiswa bisa mendesain model pembelajaran yang berdasarkan pada prinsip-prinsip pendidikan profetik. Buku ini dibedah pada sesi pertama oleh Dr. Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog. Sebelum membedah buku tersebut, sepintas Dr. Sus Budiharto menyampaikan materi terkait Konsep Pendidikan Profetik, dimana tujuan dari pendidikan profetik tidak lain adalah menjadikan manusia ulil albab, umat terbaik yang bertugas menyuruh yang makruf dan mencegah yang mungkar serta senantiasa beriman kepada Allah SWT.

Sedangkan pada sesi bedah buku kedua, yakni Buku Manajemen Kelas, panitia menghadirkan Dr. Ista Maharsi, S.S., M.Hum. sebagai pembedah. Sebelum dibedah Banatul Murtafi’ah selaku penulis menuturkan bahwa buku yang terdiri dari 6 bab tersebut diharapkan mampu membantu mahasiswa untuk bisa mempersiapkan kelas secara baik saat mereka berprofesi sebagai guru. Buku itu juga berisi studi kasus yang diharapkan bisa menjadi refleksi terhadap diri sendiri sehingga menjadi praktik baik yang diingat saat mengambil kuliah manajemen kelas (saat menjadi mahasiswa) untuk diterapkan saat kelak mengemban amanah sebagai guru.

Sementara Ista Maharsi sebelum membedah buku tersebut menyampaikan materi terkait pentingnya Emotional Labor bagi para guru, yakni guru mampu melakukan kontrol emosi atau menunjukan emosi yang dibutuhkan oleh siswa. Terkait dengan buku Manajemen Kelas dalam Perspektif Islam tersebut Ista Maharsi berpendapat bahwa buku tersebut sangat bagus bahkan luar biasa, karena selain belum ada yang sama buku tersebut juga berisi perbandingan metode mengajar antara perpsktif Barat dan Perspektif Islam.