Sambut PKM 2022, FPSB UII Studi Banding ke FISIP Universitas Brawijaya

Dalam rangka mengoptimalkan capaian keikutsertaan dalam ajang bergengsi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni (KKA) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universita Islam Indonesia (UII), Dr.Phil. Emi Zulaifah, M.Sc., beserta 24 peserta yang terdiri dari Tenaga Kependidikan serta perrwakilan dosen dan mahasiswa dari Program Studi yang ada di di lingkungan FPSB UII secara khusus melakukan kunjungan studi banding ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB), Malang, Rabu, 12 Januari 2022. Dipilihnya Universitas Brawijaya tak lain karena Universitas ini cukup memiliki banyak prestasi bidang kemahasiswaan khususnya pada program PKM.

Kehadiran rombongan disambut hangat oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kehadiran rombongan disambut hangat oleh Wakil Dekan 1 (Bidang Akademik), Dr.rer.pol. M. Faishal Aminuddin, S.S, M.Si, Wakil Dekan Bidang 2 (Bidang Keuangan), Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE., M.Si. dan Wakil Dekan 3 (Bidang Kemahasiswaan) FISIP UB, Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos., M.Si, beserta tenaga kependidikan dan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa FISIP UB.

Bambang Dwi Prasetyo dalam kesempatan tersebut menjelaskan proses pelibatan mahasiswa dalam PKM sejak mereka masuk pertama kali sebagai mahasiswa baru di FISIP UB. Para mahasiswa baru akan mendapat tugas menulis karya ilmiah yang kemudian akan dilakukan semacam seleksi oleh tim khusus yakni lembaga kemahasiswaan BARIS yang berkolaborasi dengan dosen koordinator kemahasiswaan di masing masing prodi. Hal ini cukup efektif untuk mendorong mahasiswa dalam mengikuti kegiatan PKM.

Selain itu, beliau juga menjelaskan adanya sesi pemanasan PKM internal dengan penyelenggaraan kegiatan Rektor Cup yang dilakukan pada awal tahun.

Informasi lengkap mengenai strategi PKM maupun kegiatan yang terkait dengan prestasi mahasiswa disampaikan oleh Staf Ahli Wadek 3 FISIP UB, Wimmy Halim.

Kunjungan diakhiri dengan FISIP Tour yang dipandu oleh tenaga kependidikan FISIP UB. Rombongan mendapat kesempatan melihat berbagai fasilitas pendukung proses belajar mengajar di FISIP UB, baik bidang layanan akademik, kemahasiswaan, jurusan dan lembaga kemahasiswaan.