IKAPSI Beri Pembekalan Alumni FPSB UII

Perubahan status mahasiswa yang sudah lulus dari universitas menjadi seorang job seeker perlu dibekali dengan kemampuan yang memadai dan menjawab tantangan zaman. Pilihan untuk melanjutkan kuliah pasca S-1 atau pun membuka lapangan pekerjaan menjadi dua pilihan yang bisa dipilih, selain juga melamar pekerjaan. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu terkait personal branding. Demikian diungkapkan Widiasih Diana Putri, S.Psi, salah satu pengurus Ikatan Alumni Psikologi (IKAPSI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII saat menyampaikan materi Job Seeker dan Personal Branding pada Pembekalan Calon Alumni FPSB UII, Rabu (24/12) di Ruang Diskusi Magister Psikologi Profesi FPSB UII.

Disampaikan, sebuah branding sangat diperlukan untuk memberikan kesan kepada perusahaan jika pelamar menginginkan dilirik oleh perusahan. Ratri juga menambahkan karir juga bisa dimulai dengan bekerja. Dalam pembekelaan tersebut, peserta juga diberikan tips untuk menghadapi psikoters. Tips yang diberikan yaitu: pastikan telah mengasah kemampuan terlebih dahulu dengan latihan, jaga stamina sebelum psikotes berlangsung, persiapkan alat tulis lengkap, datang lebih awal, berdoa, dan perhatikan instruksi.

Tidak hanya terkait tips pekerjaan, Ratri juga memberikan sejumlah informasi terkait beasiswa pasca sarjana seperti beasiswa unggulan DIKTI, Tanoto Foundation, dan Beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP.

Di akhir sesi, peserta juga dimotivasi untuk bergabung dengan keluarga Ikatan Alumni Psikologi (IKAPSI) sebagai wadah para alumni atau lulusan S-1. Tidak kurang 30 peserta hadir pada acara tersebut.