Program Studi Hubungan Internasional

Hubungan Internasional

Hubungan antar negara (international relations) merupakan hal yang tak terelakkan dan telah ada sejak beribu tahun sebelum masehi. Namun, hubungan tersebut dominan cenderung kepada hubungan state to state relations, negara menjadi aktor dominan. Saat ini hubungan internasional tidak lagi menjadi monopoli negara tapi telah sangat meluas seiring dengan munculnya fenomena globalisasi. Aktor-aktor baru mulai muncul seperti perusahaan internasional, organisas non-pemerintah, dan individu-individu. Untuk itulah keberadaan studi Hubungan Internasional diperlukan, di mana dunia semakin memerlukan analisis permasalahan serta formulasi penyelesaian permasalahan di tingkat global.

Kesempatan Kerja

Kebutuhan akan tenaga analis dalam hubungan internasional yang semakin tinggi, tidak hanya di pemerintah saja namun juga pada perusahaan dan organisasi internasional lainnya, membuat lulusan HI memiliki lapangan kerja yang sangat luas. Saat ini lulusan HI telah memberikan sumbangsih di berbagai lembaga, mulai dari lembaga pemerintah pusat maupun daerah sebagai pelaku hubungan diplomasi di dunia internasional, hingga berbagai perusahaan dan organisasi internasional yang membutuhkan analisis mendalam tentang kondisi global. Dengan mengambil studi HI, anda tidak hanya akan mendapatkan wawasan mendalam mengenai hubungan diplomasi antar pemerintah, namun juga mendalami berbagai isu lain mulai dari ekonomi politik hingga isu-isu perdamaian yang menjadi perhatian dalam kehidupan global.

Keunggulan HI UII

1. Studi pokok dengan fokus kurikulum Kawasan Asia Tenggara dan institusionalisasi ASEAN.

2. Satu-satunya di Indonesia yang memiliki kajian gagasan politik Islam yang dikhususkan pada kawasan Asia Tenggara.

3. Menjadikan Manajemen Perbatasan Negara sebagai salah satu fokus pembelajaran pemecahan permasalahan kawasan.

4. Pembelajaran Intensif diplomasi yang tidak hanya melalui teori, namun juga pada pendalaman praktek guna meningkatkan kemampuan negosiasi dalam berdiplomasi.

5. Adanya kesempatan untuk mendapatkan pengalaman aktivitas internasional (internasional experience) melalui kegiatan-kegiatan kerjasama HI UII dengan universitas-universitas lain di dunia.

Visi Program Studi

Sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan Hubungan Internasional dalam bidang kajian gagasan politik Islam dan kajian kawasan di Asia Tenggara dan sekitarnya.