PBI Gelar ‘Career Planning & Development Workshop’ Bagi Mahasiswanya

Hampir dipastikan setiap mahasiswa tahu akan arah dan tujuan mereka menimba ilmu (baca: kuliah) di Perguruan Tinggi (PT). Bahkan, arah dan tujuan tersebut biasanya sudah dipersiapkan sejak mereka duduk di bangku SMA, SMP, atau bahkan juga sejak SD. Namun demikian, akan lebih baik lagi jika setiap program studi (khususnya prodi di lingkungan Universitas Islam Indonesia) memberikan semacam pelatihan/workshop khusus tentang perencanaan dan pengembangan karir bagi mahasiswanya (Career Planning & Development Workshop) seperti yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Rabu, 13 Mei 2015 di Laboratorium Bahasa Prodi PBI, Gedung Moh. Hatta UII.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Bapak R. Sumedi P. Nugraha, Ph.D yang menyampaikan materi ‘Prinsip-prinsip & Tips Efektif Perencanaan Karir Dalam Rangka Memasuki Dunia KerjaSesuai dgn Kompetensi Bidang Ilmu’ berkolaborasi dengan Ibu M.A.S. Anggoro Rini, S.Pd., M.Hum yang menyampaikan materi ‘Pengembangan Karir (Professional Development) bagi Guru Bahasa Inggris’.

Kedua pembicara dalam kesempatan tersebut sepakat agar mahasiswa mampu menentukan goal atau tujuan usai lulus studi (S1) secara ‘SMART-Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Timely’. Keduanya juga sepakat agar mahasiswa senantiasa membangun ‘positive thinking’ atas segala sesuatu yang terkadang di luar dugaan atau di luar rencana, karena bisa jadi hal itu justeru lebih baik dari yang direncanakan sebelumnya.