PBI Gelar Workshop Integrasi ICT dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

“Jangan biarkan teknologi menguasai Anda, tapi harus Anda yang menguasai teknologi. Jangan sampai mesin (hasil kemajuan teknologi) menggantikan Anda, tapi mesin harus bisa mendukung setiap pekerjaan Anda”, demikian pesan pakar ICT in English Teaching (ITB-Bandung), Dr. Anuncius Gumawang Jati di sela-sela peyampaian materi workshop ‘Integrasi ICT dalam Pengajaran Bahasa Inggris’ yang digelar oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa, 28 April 2015. Workshop berlokasi di Laboratorium Bahasa Gedung Moh. Hatta UII tersebut diikuti oleh dosen dan mahasiswa PBI FPSB UII serta staf pengajar dari luar PBI.

Workshop sengaja diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen dalam mendesain pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi ini di desain dalam 2 tahapan (sesi). Untuk sesi 1 membahas tentang desain pembelajaran Bahasa Inggris dengan mengintegrasikan ICT baik sebagai komponen utama maupun penunjang pembelajaran. Sedang sesi 2 membahas tentang pengembangan desaian penilaian pembelajaran Bahasa Inggris dengan integrasi ICT baik sebagai komponen utama maupun penunjang pembelajaran.

Pengelola prodi berharap agar usai workshop para dosen PBI mampu mendesain pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT dengan penilaian yang tepat dalam bentuk silabus dan course online.