FPSB

Psikologi Raih Hibah Internasionalisasi Prodi

Program Studi Psikologi (Psi) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil memperoleh Hibah Internal Internasionalisasi Prodi dari Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII senilai 380 juta. Hal ini disampaikan oleh Ka. Prodi Psikologi FPSB UII, Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Si usai nego costing dengan BPA UII, Kamis, 3 jumadil Akhir 1438 H / 2 Maret 2017 M lalu.

 

Menurut sosok yang akrab Bu Mira tersebut, dana yang diperoleh akan dialokasi untuk pengajuan proses akreditas ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). “In sya Allah dengan jumlah tersebut saya kira cukup untuk bisa menjalankan program-program penunjang perolehan akreditasi Internasional yang akan kita ajukan pada tahun 2020 mendatang. Mohon doanya agar Allah SWT memudahkan usaha kami”, ungkapnya.

Akreditasi AUN-QA sendiri merupakan network pendidikan tinggi Asia Tenggara yang melakukan assessment  terkait apakah input, proses dan outcome sebuah prodi di Asia Tenggara sudah sesuai dengan standar yang semestinya. Kriteria penilaian meliputi : (1) Jenis lulusan yang akan dihasilkan (Expected learning outcome-ELO), (2) Spesifikasi program studi (Program specification),  (3) Struktur dan isi program studi (Program structure and content), (4) Strategi pembelajaran (Teaching and learning strategy), (5) Strategi penilaian hasil pembelajaran (Student assessment), (6) Kualitas dosen (Academic staff quality), (7) Tenaga kependidikan (Supporting staff), (8) Kualitas mahasiswa (Student quality), (9) Bimbingan dan dukungan terhadap mahasiswa (Student advice and support), (10) Fasilitas dan infrastruktur (Facilities and infrastructure), (11) Sistem penjaminan mutu proses pembelajaran (Quality assurance of teaching and learning process), (12) Program pengembangan/peningkatan mutu staf (Staff development activities), (13) Masukan dari pengguna lulusan (Stakeholder feedback), (14) Luaran (Output), (15) Kepuasan stakeholder (Stakeholder satisfaction).

Bu Mira menambahkan bahwa beberapa rencana program kerja dari Prodi Psikologi untuk memperoleh akreditasi AUN-QA tersebut sudah diagendakan, seperti (a) penyusunan kurikulum dan capaian pembelajaran yang memuat kekhasan psikologi Islam dan berstandar internasional, (b) peningkatan kompetensi dosen, (c) peningkatan kuantitas jumlah penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi ilmiah internasional, (d) peningkatan wawasan dan kompetensi mahasiswa, (e) pengembangan sistem pembelajaran dan manajemen mutu berbasis teknologi, (f) inisiasi laboratorium psikologi standar internasional serta (g) penyusunan AUN-QA SAR.\

Untuk tahun pertama fokus di penyusunan kurikulum dan capaian pembelajaran yang memuat kekhasan psikologi Islam dan berstandar internasional (a), peningkatan kompetensi dosen (b) dan penyusunan AUN-QA SAR (g). Adapun pihak-pihak yang akan dilibatkan (kerjasama) diantara adalah Psikologi UI yang sudah mendapat AUN-QA sejak thn 2013, UGM sebagai tenaga ahli dan universitas luar negeri seperti UWA Australia dan UM Malaysia”, pungkasnya.