FPSB

HI Gelar Diplomatic Course

Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar Diplomatic Course (DC) bagi mahasiswa angkatan 2016 di Gedung Moh. Hatta Kampus Terpadu UII, Kamis, 18 Mei 2017.  Hadir sebagai pemateri adalah Ashariyadi (Sekretaris Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN), Annie Yuliyanti dan Thalita Hindarto (Sekretariat Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN) Kementerian Luar Negeri (KEMENLU) Republik Indonesia (RI).

Read more...

NCIP 2017 Kaji Psikologi Akhlak Mulia

The 3rd National Conference on Islamic Psychology (NCIP) 2017 yang diselenggarakan oleh Prodi Psikologi (Psi) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) di Shantika Premier Hotel Yogyakarta pada tgl 16-17 Mei 2017 mengangkat Psikologi Akhlak Mulia sebagai tema besar. Menurut panitia penyelenggara, tema tersebut diangkat dengan semangat untuk mengembangkan kajian-kajian mengenai karakter unggul yang bersumber dari ajaran Islam dalam rangka menciptakan pribadi yang rahmatan lil ‘alamin, pribadi yang membawa kebermanfaatan bagi diri sendiri, masyarakat dan seluruh dunia.

Read more...

Mahasiswa Psikologi UNISS Lakukan KKL di FPSB UII

“Fakultas Psikologi (Psi) Universitas Selamat Sri (UNISS)merupakan fakultas yang baru saja berdiri. Oleh karena itu kami ingin sekali belajar banyak ke Prodi Psikologi (psi) Fakultas Psikologi & Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) ini, karena kami juga alumni Psikologi UII”. Demikian ungkap Prapti Leguminosa, S.Psi., M.Psi, Dekan Fakultas Psikologi UNISS-Kendal yang juga alumni Prodi Psikologi FPSB UII saat mendampingi mahasiswanya melakukan Kunjungan Kuliah Lapangan (KKL) ke FPSB UII, Rabu, 10 Mei 2017. Rombongan sendiri diterima hangat oleh Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat. Arief Fahmie, S.Psi., MA., Psikolog beserta perwakilan PSC, perwakilan Jafana dan juga tim Marcoms FPSB UII di ruang audiovisual lt.2.

Read more...

Mahasiswa FPSB Raih Juara 1 & 3 STQ XXIV DIY

Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil meraih Juara 1 dan Juara 3 cabang lomba Tafsir Al Quran Bahasa Arab Golongan Putri pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diselenggarakan oleh Kabupaten Kulon Progo, 28-29 April 2017. Untuk Juara 1 diraih oleh Wafa (mahasiswa Prodi Psikologi angkatan 2014) yang tampil mewakili Kabupaten Bantul, sedangkan Juara 3 diraih oleh Lisda Mukarromah (mahasiswa Prodi Psikologi angkatan 2016) yang  mewakili Kabupaten Sleman.

Read more...

Iwan Awaluddin Raih Medali Best Presenter MEDCOM 2017

Indonesia’s Community Radios In Disaster Information Management System. Demikian judul paper yang telah mengantarkan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi (Ilkom), Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Iwan Awaluddin Yusuf, S.IP., M.Si meraih Medali dan Award Session Best Presenter di ajang The 3rd World Conference on Media and Mass Communication – MEDCOM 2017 yang diselenggarakan The International Institute of  Knowledge Management (TKIIM) bekerjasama dengan Musatafa Kemal University dan Gaziantep University di Hotel Dorsett, Subangjaya, Kuala Lumpur, Malaysia, 20-22 April 2017.

Penghargaan yang diperoleh Iwan Awaluddin di sesi media education and alternative media didasarkan pada penampilan dan isi presentasi yang dinilai oleh komite evaluasi, ketua penanggungjawab konferensi, dan dua anggota panel evaluasi pada setiap sesi. Jika ditelisik dari isi/materi, paper yang mengangkat optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi (baca: radio komunitas) dalam menunjang kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan juga pemulihan paska bencana alam memang cukup menarik dan unik. Di sini peran radio komunitas lebih mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan informasi lokal dibanding informasi yang disajikan oleh media mainstream-komersial.

Read more...