FPSB

FPSB Kehilangan Salah Satu Mahasiswa Teladan

Fanni. Demikian nama panggilan akrab dari Zulfanni Asiva, salah satu mahasiswa Program Magister Psikologi Profesi (MAPPRO) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang telah dipanggil Allah SWT dalam sebuah kecelakaan di Jl. Kaliurang Km.12 Yogyakarta. Korban bersama rekannya (mahasiswa D3 Kimia UII) yang baru saja keluar dari SPBU Pedak terlibat kecelakaan berat dengan salah satu siswa SMP N 5 Yogyakarta (inisial: DFN) yang mengendarai sepeda motor berkapasitas mesin besar -Kawazaki Ninja- saat berusaha mendahului kendaraan roda empat di depannya. Dalam kecelakaan ini, Fanni yang baru saja mengikuti perkuliahan selama 4 bulan di MAPPRO FPSB UII langsung meninggal di lokasi kejadian. Sedangkan rekannya dan DFN harus menjalani perawatan di RS. Panti Nugroho dan RS. Dr. Sardjito akibat luka serius yang diderita.  

Read more...

Lomba Kinerja, Prodi PBI Raih Juara 2

Meski masih tergolong muda, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang masuk dalam kelompok/rumpun Prodi Ilmu Sosial berhasil meraih Juara 2 pada Lomba Kinerja Prodi Bidang Karya Ilmiah Tahun 2016 yang dilaksanakan oleh UII.

Read more...

HI Kaji Peran PBB di Konflik Suriah

Kondisi kota Allepo (Suriah) semakin hari semakin memprihatinkan. Banyak rumah/bangunan-bangunan hancur akibat aksi militer yang dilakukan oleh pemerintah Suriah bersama Rusia dengan dalih menggempur basis pemberontak di Allepo. Banyak jatuh korban dan banyak anak-anak sudah putus atau tidak dapat lagi menikimati pendidikan dengan nyaman. Oleh karenanya, untuk mengetahui kondisi terkini serta peran PBB dalam kasus konflik Suriah tersebut, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesi secara khusus mengadakan kuliah pakar dengan mengundang Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri  Republik Indonesia, Hasan Kleib sebagai pemateri.

Read more...

Dosen dan Mahasiswa FPSB Ikuti Aktivitas CRCEP di China

Implementasi kerjasama antara Universitas Islam Indonesia (UII) yang diwakili oleh Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), bersama Universitas Surabaya (Ubaya), Zhejiang University (China) dan Zhokou Normal University (China) dalam bidang kolaborasi riset atau Cross-cultural Research, Collaboration, and Exchange Program (CRCEP), terus dilakukan. Setelah pada bulan Agustus 2016 lalu aktivitas kolaborasi riset dilakukan di Indonesia (Ubaya dan UII), pada bulan Desember 2016 ini atau tepatnya tanggal 3-9 Desember 2016 aktivitas dilakukan di China (Zhejiang dan Zhokou Normal University) yang diikuti oleh 15 orang dari UII (dosen dan mahasiswa), 15 orang dari Ubaya (dosen dan mahasiswa), dan sekitar 25 dari China (dosen dan mahasiswa).

Read more...

MAPPRO Gelar Sumpah Profesi Psikolog ke-33

“Tugu Jogja itu sebagai perlambang bahwa hidup itu tak sekedar seperti mata angina, tapi juga ke atas (menuju Allah SWT). Banyak kesalahan yang dilakukan psikolo Barat. Mereka seringkali tidak melibatkan Allah SWT (Tuhan YME) dalam proses intervensi yang dilakukannya.  Arah perkmbangnpsikologi masih sibuk seputar keduniawi-an. Padahal, masalah (baca: yang dihadapi seorang Psikolog) akan lebih mudah diselesaikan dengan bantuan dari Allah SWT. Doa sangat diperlukan dalam proses intervensi psikologi”. Demikian ungkap Drs. Helly P. Soetjipto, MA, ketua HIMPSI Wilayah Daerah Istimewa Yogyakart saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Pengambilan Sumpah Profesi Psikolog Magister Psikologi Profesi  FPSB UII ke-33 yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 17 Desember 2016 di Auditorium FPSB UII.   

Read more...