FPSB

Membangun Keluarga Berdaya Tahan di Tengah Perubahan Zaman dalam Perspektif Islam

Perubahan yang terjadi pada pasangan hidup kita (suami/isteri) yang disebabkan oleh banyak faktor (usia, peristiwa, finansial, dll) dapat memicu konflik dan mengancam ketahanan keluarga. Namun apabila nilai-nilai dalam agama diterapkan secara benar, maka nilai-nilai agama itu akan tetap mempu menguatkan keluarga. Hal ini disampaikan oleh Dr.Phil. Qurrotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog  dan Dr. Phil Emi Zulaifah, M.Sc dalam acara pertemuan rutin Ikatan Keluarga Ibu-Ibu (IKI) Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat, 10 Februari 2017 di GKU. Prof. Dr. Sardjito, M.Ph Kampus Terpadu UII.

Selain penerapan nilai-nilai agama secara baik dalam keluarga sebagai salah satu modal penting dalam mempertahankan keluarga, keduanya juga menyampaikan hal-hal atau prinsip penting lainnya yang juga bisa dijadikan penguat dalam berkeluarga, seperti menemukan-menjalani-memelihara cinta dan cita-cita keluarga, menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna (termausk pasangan hidup kita), menyadari bahwa tidak ada keluarga yang tidak akan diuji oleh Allah SWT, senantiasa mengingat-ingat kebaikan pasangan dan mengingat-ingat kekurangan diri kita, menemukan/menyamakan misi dalam keluarga, bersabar-bersyukur-ridha dengan apa yang sudah diberikan Allah SWT, memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh pasangan (tidak ada manusia yang sempurna), serta mau menjadikan konflik sebagai sarana untuk membangun kekuatan keluarga.

Read more...

UII-UGM-IIFAS Gelar Konferensi Internasional

Berkolaborasi dengan Pusat Studi Sosial Asia Tenggara (PSSAT) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Internasional Indonesian Forum on Asian Studies (IIFAS), Program Studi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia menggelar The 3rd IIFAS Conference bertema “Borderless Communities & Nations with Borders Challenges of Globalisation”, Rabu-Kamis, 8-9 Februari 2016. Kegiatan yang mengambil setting lokasi di Kampus UGM dan Kampus  Terpadu UII ini diikuti oleh 383 peserta yang berasal dari beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Jepang, Filipina, India, Taiwan, Belanda, Malysia, Myanmar dan juga Australia. Kegiatan dibuka oleh Direktur Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Totok Prasetyo, B.Eng. M.T.

Read more...

HIMPSI Jajaki Kerjasama denga FPSB UII

Pengelola Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Yogyakarta bertekad akan mengoptimalkan peran dan fungsi organisasi agar lebih bermanfaat bagi masyarakat luas,  berdaya saing/kuat, dan lebih bermartabat. Hal ini disampaikan oleh Haryanta, selaku pengurus HIMPSI Wil. Yogyakarta saat menyosialisasikan mimpi/cita-cita tersebut pada civitas akademika FPSB UII (dosen dan Mahasiswa), Senin, 30 Januari 2017 di R. Auditorium FPSB UII.   

Sosialisasi tersebut juga merupakan tahapan dalam proses penjajakan kerjasama yang ingin dibangun pengurus HIMPSI dengan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang memiliki prodi Psikologi.  

Read more...

UII Bantu Korban Diksar TGC 37 MAPALA UNISI

“Tanggapan keluarga dari peserta TGC kebanyakan memang mengapreasiasi UII terutama yang dirawat di JIH karena semua difasilitasi UII, termasuk orangtua yang diluar Jogja pun ditanggung UII. Untuk keluarga 3 mahasiswa yang meninggal UII juga terus menjalin komunikasi walaupun memang tentunya tetap ada rasa kecewa dari pihak keluarga dan kita sangat memahami karena mereka kehilangan anaknya”. Demikian ungkap Kepala Divisi Humas Universitas Islam Indonesia, Karina Dewi Utami, S.IP., MA terkait kasus yang terjadi pada Pendidikan Dasar (Diksar) The Great Camping (TGC) 37 Mapala Unisi bulan Januari 2017 lalu, dimana 3 orang peserta diksar diindikasikan mengalami kekerasan fisik hingga meninggal dunia. Mereka adalah Muhammad Fadhli (Teknik Elektro angkatan 2015), Syaits Asyam (Teknik Industri angkatan 2015) dan Ilham Nurpadmy Listia Adi  (Fakultas Hukum angkatan 2015). 

Read more...

FPSB Gelar Tadarus 'khusus'

Semoga Allah SWT memberi kekuatan pada UII dalam menghadapi cobaan yang diberikan ini dan orangtua yang ditinggalkan putra-putranya (baca: peristiwa Diksan Mapala) diberi ketabahan. Demikian harapan yang disampaikan  oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Dr.rer.nat. Arief Fahmie, M.A., Psikologi sesaat usai memimpin tadarus 'khusus' dan doa bersama pagi ini,  Kamis, 26 Januari 2017 di Mushola Baitul Hadi FPSB UII.

Read more...