FPSB

Telisik Peran Psikolog di Puskesmas dan Rumah Sakit

Dari waktu ke waktu kebutuhan jasa psikolog di puskesmas/rumah sakit semakin meningkat seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan yang ada di masyarakat. Langkah pemda Sleman membuat pilot project pelibatan psikolog di Puskesmas dalam penanganan kasus kesehatan jiwa di Puskesmas tahun 2006 silam , ternyata juga sudah diadopsi atau diikuti oleh pemerintah kota Yogyakarta sejak tahun 2010 dan pemda Bantul mulai tahun 2017 ini. Ini menunjukan peran penting seorang psikolog di Puskesmas. Namun demikian, meskipun sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan jasa psikolog di puskesmas, tidak sedikit juga masyarakat yang belum bisa atau belum mau memanfaatkannya. Anggapan bahwa jasa psikolog hanya untuk orang gila menjadikan mereka enggan untuk berhubungan atau memanfaatkan jasa psikolog yang sudah ada. Sehingga untuk bisa melakukan intervensi yang baik kepada masyarakat diperlukan pelibatan kader-kader dusun/kampung. Demikian disampaikan oleh Ika Pratiwi Wibawanti, S.Psi., M.Psi dalam kolokium (kuliah pakar) Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Rabu, 8 Rajab 1438 H/5  April 2017 di ruang Auditorium Lt.3.

Read more...

AP2TPI Gelar Sharing di FPSB UII

Learning Outcome (LO) atau hasil pembelajaran menjadi ‘titik tekan’ diskusi  dari anggota Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi  Indonesia (AP2TPI) wilayah Yogyakarta yang diselenggarakan di Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia  (UII), Jumat, 31 Maret 2017. Tampak hadir beberapa utusan dari Perguruan Tinggi Penyelenggara Psikologi di Wilayah Yogyakarta, seperti dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Proklamasi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Mercu Buaya Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta, dan tentu Profi Psikologi FPSB UII selaku tuan rumah. 

Kualitas LO tersebut tentu tak luput dari desain kurikulum yang dijadikan pijakan dalam proses belajar mengajar. Selain LO beberapa hal terkait dengan akreditasi pun didiskusikan bersama, seperti kemungkinan penguji skripsi lintas perguruan tinggi di wilayah Yogyakarta, pelibatan HIMPSI dalam setiap diskusi dan juga kemungkinan untuk mendapatkan akreditasi dari luar negeri seperti akreditasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) yang telah diraih Fakultas Psikologi UGM dan juga akan diupayakan oleh prodi Psikologi FPSB UII tahun 2020 mendatang.

Read more...

Mahasiswa FPSB Raih Excellent Paper Award IAARHIES

Nomophobia Arround Us ! Demikian judul paper garapan Ulfah Fauzia Oktafiani dan Chemara Zethy yang berhasil meraih “Excellence Paper Award” kategori Best Presentation/Best Content pada konferensi internasional yang diselenggarakan oleh The International Academic, Association of Researchers in Humanities, IT, Enggineering,  Science  (IAARHIES), Sabtu, 25 Maret 2017 di M Hotel Singapore.

Menurut Favia (sapaan akrab Ulfah Fauzia Oktafiani) judul tersebut diambil saat dirinya mengamati dampak kemajuan bidang IT yang cukup membuat banyak orang tidak terlalu peduli dengan lingkungan sekitar, bahkan saat sedang berkumpul bersama keluarga maupun kumpul bersama teman.

Read more...

BEM UNISULA Silaturrahmi ke LEM FPSB UII

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (F.Psi) Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA)-Semarang  mengadakan kunjungan studi banding dan silaturrahmi ke Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan mengangkat tema "Menguatkan Jiwa Organisator yang Inovatif dan Kompetitif", Senin, 27 Maret 2017.

Read more...

Kepercayaan Masyarakat Meningkat, Pendaftar UII Naik 72,28 Persen

Pendaftar pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia (UII) Periode 2 tahun 2017 meningkat 72,28 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Hingga penutupan pendaftaran Paper Based Test (PBT) Periode 2 pada 25 Maret 2017 pukul 14:00 WIB, jumlah pendaftar pada PMB UII Periode 2 mencapai 5.270 orang. Jumlah ini naik 2.211 orang atau 72,28 persen lebih dari periode yang sama pada tahun 2016 sejumlah 3.059 orang. Pendaftaran Periode 2 sendiri dibuka sejak 9 Januari sampai dengan 25 Maret 2017.

Demikian disampaikan Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH, MHum, LLM, PhD saat meninjau pelaksanaan ujian PBT Periode 2, Minggu (26/3) di Gedung Mohammad Natsir, Kampus Terpadu UII.

Read more...