FPSB

Humor dalam Perkuliahan

Image
ye..ye...ye...yee...he...5x
Perkuliahan model klasikal merupakan salah satu media transfer pengetahuan dari dosen kepada mahasiswa. Dari media perkuliahan inilah terjadi interaksi langsung antara mahasiswa sebagai pencari ilmu dan dosen sebagai pemberi ilmu. Semua dosen tentu berharap agar proses transfer pengetahuan tersebut dapat berjalan dengan baik, sehingga pengetahuan apapun yang dimiliki oleh seorang dosen dapat sepenuhnya pula dimiliki oleh para mahasiswa. Namun demikian, apakah proses tersebut dapat berjalan dengan baik ?
Apakah proses transfer pengetahuan tersebut benar-benar dapat berhasil sesuai dengan apa yang diinginkan? Bagaimana agar proses tersebut dapat dilakukan dalam suasana yang nyaman? Hal inilah yang disampaikan oleh Dr. Yapsir Gandi Wirawan kepada para dosen FPSB UII pada tanggal 24 Desember 2008, di Ruang Audiovisual FPSB UII

Read more...

Hati-hati..! Banyak Kasus Pencurian

Image
Mobil yang pecah kacanya dalam kasus pencurian Laptop
Kaliurang, UII Terpadu. Pencurian..! Tindakan tidak terpuji ini kian marak terjadi. Dari pencurian kelas ’ecek-ecek’ atau kelas ’teri’ hingga kelas ’berdasi’ atau ’kakap’ ada di negeri ini. Tak perlu kita jauh-jauh untuk melihat kasus pencurian tersebut. Di kampus tercinta ini pun, cukup sering kita dengar kasus pencurian yang terjadi. Mulai dari pencurian HP, Komputer, Laptop bahkan motor pernah terjadi di sini. Belum lama ini, kembali terjadi pencurian sebuah laptop milik Rumiani, S.Psi (dosen FPSB UII) yang diletakkan dalam mobil salah seorang staf Pusat Psikologi Terapan sesaat setelah menyelenggarakan sebuah training. Peristiwa yang terjadi pada hari Kamis, 18 Desember 2008 sekitar Pkl. 14.30 Wib ini, terjadi di halaman parkir mobil sebelah selatan Gedung Unit XII (FPSB UII). Sebuah kaca mobil pecah seiring dengan kasus pencurian laptop tersebut. Menurut Rimbar Prista Santi si pemiliki mobil, kejadian tersebut terjadi begitu cepat. Hanya dalam beberapa menit saja

Read more...

Infotainment: Jurnalisme atau Entertainment?

Image
Peserta talkshow ajukan pertanyaan
Seturan, Yogyakarta. Saat ini, banyak sekali kita temukan berita-berita infotainment (Informatioan and Entertainment) di televisi.  Di RCTI kita bisa temukan Go Spot, Silet, dan Kabar Kabari. Di SCTV kita bisa nikmati Waswas, Halo Selebriti, dan juga Ada Gosip. Di Indosiar dengan Kiss dan Intermezo-nya. TPI yang menyiarkan Go Show dan  Blak-blakan Selebriti. TransTV yang menjual Insert Pagi, Insert Siang, Insert Sore setiap hari. TV7 dengan Star7 dan Kabar Idola. StarANTV yang tawarkan Espresso, dan  Double Espresso serta di TVOne kita bisa saksikan Expose.

Quo Vadis tentang istilah infotainment, perdebatan praktik jurnalisme dalam infotainment serta maraknya sajian ‘sensasional’ yang kebanyakan mengobok-obok kehidupan rumah tangga para artis ini, menggelitik mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII dengan menggandeng LPM HIMMAH UII untuk mengupasnya dalam talkshow bertema “Infotainment: Jurnalisme atau Entertainment”, pada hari Ahad, 21 Desember 2008 dan diikuti oleh lebih dari 30 peserta. Talkshow yang digawangi oleh Ricky Riadi Iskandar dkk (angkatan 2007) ini mengambil setting lokasi di B-Young Steak & Resto, Jl. Seturan Yogyakarta. Hadir dalam acara tersebut Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si. (Dosen dan Praktisi Komunikasi), Bambang M.B.K (Aliansi Jurnalis Independen-AJI) dan Dra. Susilastuti, M.Si (Persatuan Wartawan Indonesia) sebagai pembicara. Sedang Abdul Rohman, S.Sos tampil sebagai moderator untuk lebih menghangatkan suasana.

Read more...

D3 Bhs. Inggris FPSB UII, Sosialisasikan English Testing System

Demangan, Yogyakarta. Sosialisasi...! Apapun yang akan disosialisasikan kepada publik, tentu akan lebih efektif jika dilakukan lebih awal/dini. Demikian juga dengan proses belajar atau mempelajari sesuatu ilmu. Pepapatah bijak mengatakan, ”Belajar di waktu muda ibarat menulis di sebuah bidang tulis (jelas hasil tulisannya), sedang belajar di usia tua, seperti menulis di atas air (tak jelas dan bahkan tak berbekas)”. Meski tidak se-ekstrim pepatah di atas, banyak para ahli/ilmuwan yang sepakat bahwa belajar sejak dini itu tentu akan lebih baik jika dibandingkan dengan belajar di masa tua.

Read more...

Bintang Basket FPSB UII

Image
Senyum Ramah 'Pemain Basket Terbaik PIASTRO 2008, Fajar Styo Pambudi
Kaliurang, UIINews. ”Om Fajar’ adalah panggilan akrab Fajar Styo Pambudi, Mahasiswa S1 Prodi Psikologi FPSB UII yang lahir di Malang pada tanggal 12 Juni 1987.  Pemuda yang memiliki tinggi sekitar 175 cm ini telah memberikan penampilan terbaiknya dalam ajang turnamen basket Psikologi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Indonesia Jakarta tanggal 1-8 November lalu. Turnamen bergenngsi yang diberi label Psychology in Art and Sport Through Competitions 2008  (PIASTRO) 2008 tersebut merupakan turnamen yang sudah secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Read more...