FPSB

Butuh Komitmen untuk Menuju Research University

Image
Kesungguhan adalah Kunci Keberhasilan
Kampus Terpadu UII.  Tiga orang dosen prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia telah kembali ke tanah air, setelah mengikuti konferensi di Universitas  Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 24-25 Desember 2008. Ketiga dosen tersebut adalah Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Si. yang mengemukakan bahasan dari hasil penelitiannya, yakni Impact of Learning Skill Training on Improving Self Efficacy at New College Student UII,  Emma Indirawati, S.Psi., M.Psi., yang yang menyajikan makalahnya mengenai ”Bagaimana Menjadi Seorang Remaja yang Dirindukan oleh Surga”, serta Rumiani, S.Psi. dengan bahasan  ”Mengembangkan Empati dengan Perspektif Islam dalam Proses Konseling.

Read more...

Workshop Pengembangan Pusmekom FPSB UII

Image
Serius dan santai Workshop Pusmekom FPSB UII
Yogyakarta
. Pusat Studi Media Komunikasi (Pusmekom) Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII mulai ancang-ancang. Pada tanggal 16 Januari 2009, Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII menyelenggarakan workshop internal bagi dosen prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII untuk menggagas masa Depan Pusmekom FPSB UII. Tampak hadir pula dalam workhsop tersebut seorang penulis buku, mantan Humas Garuda Indonesia, sekaligus mantan konseptor naskah pidato presiden yang saat ini juga menjadi salah satu staf pengajar di Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII, Sjafriel Salim, MPS.Comm. Kehadirannya diundang secara khusus oleh Ka.Prodi Ilmu Komunikasi untuk memberikan ide, gagasan maupun pemikirannya terkait dengan proses pengembangan Pusmekom.

Read more...

Mahasiswa Jurnalistik Hogeschool Van Utrecht, sambangi Prodi Komunikasi FPSB UII

Image
Mahasiswa Jurnalistik dari Hogeschool Ultrecht sedang share dengan Ka.Prodi Komunikasi FPSB UII
Yogyakarta. Ada suasana lain di Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII pada hari Selasa, 20 Januari 2009. Sebanyak 16 mahasiswa berkebangsaan Belanda sedang berdiskusi dengan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII didampingi beberapa dosen prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII. Rombongan tersebut berasal dari Faculteit Communicatie en Journalistiek School Voor Journalistiek Hogeschool van Utrecth dan dipimpin oleh seorang dosen senior Hogeschool van Utrecht, Ruud Hoff. Kedatangan mereka ke Indonesia fokus untuk melakukan studi banding mengenai Jurnalistik Radio.

Read more...

Pelatihan "Character Building" Siswa/i SMA N 1 Wonosari di FPSB UII

Image
Sus Bidiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog sampaikan Prophetic Intelligence bagi Siswa SMA N 1 Wonosari
Yogyakarta. Bertempat di Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Ahad 18 Januari 2008 117 Siswa-siswa SMA N 1 Wonosari kelas Akselerasi dan Internasional mengikuti pelatihan “character buidling” bersama Tim dari Pusat Psikologi Terapan (PPT) Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.
Komposisi dari 117 peserta tersebut terdiri dari 22 orang siswa kelas akselerasi dan 95 orang siswa kelas internasional. Dalam pelatihan tersebut, para siswa mendapatkan berbagai permainan dalam outbond, materi Prophetic Intelligence, dan Emotional Freedom Technique

Read more...

Deteksi Dini dan Optimalisasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Image
Dekan FPSB UII, Camat Tempel dan Peserta Seminar
Yogyakarta. Kehadiran anak dalam sebuah keluarga pastilah sangat dinantikan. Anak adalah rezeki dan juga amanah dari Allah swt. Bagaimanapun kondisi seorang anak saat lahir dan berkembang menuju ke arah yang lebih dewasa baik fisik maupun psikis, anak berhak untuk mendapatkan kasih sayang, perhatian dan juga pendidikan yang memadai. Kenyataannya, saat ini masih banyak orang tua yang shock dan malu karena memiliki anak yang tidak normal (cacat=khusus). Banyak diantara mereka yang belum sadar bahwa anak-anak cacat/khusus ini juga berhak mendapatkan pendidikan yang berorientasi bagi masa depannya. Bahkan, masih banyak juga yang menyembunyikan keberadaan anaknya baik secara fisik maupun informasi. Akibatnya, jangankan menikmati fasilitas pendidikan, keberadaannya pun kadang tidak diketahui oleh pihak-pihak yang berkompeten terhadap pendidikan mereka.

Read more...