FPSB

Prodi HI Gelar AYGATH 2016

Asean Youth Gathering (AYGath) dipastikan akan menjadi ikon baru bagi Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII). Hal ini disampaikan oleh salah satu panitia penyelenggara AYGath sesaat usai agenda konferensi bertema “The Role of Students in Asean Community Development” yang menghadirkan Irawan Jati, S.IP., M.Hum, M.S.S.  (Universitas Islam Indonesia), Dr. Johan Richard Weintre, Ph.D (Flinders University) dan Dr. Maskota Delfi, S.Sos., M.Hum (Universitas Andalas) sebagai pemateri,  Sabtu,  10 Desember 2016 di GKU. Prof. Dr. Sardjito, M.Ph.

Read more...

Prodi PBI Gelar Workshop Digital Testing

Berawal dari program school visit yang dilakukan oleh dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris   (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) ke beberapa sekolah termasuk MAN 1 Yogyakarta, ditemukan sebuah permasalahan ataupun kesulitan yang dihadapi para siswa terkait dengan penyesuaian diri terhadap sistem Ujian Nasional berbasis komputer. Oleh karena itu agar siswa mampu mengetahui perbedaan antara tes tertulis berbasis manual dan berbasis digital, mampu mengetahui perbedaan mengerjakan soal berbasis manual dan digital  serta memahami keterampilan apa saja yang harus mereka miliki sebelum mengerjakan soal tes berbasis digital, maka Program Studi PBI FPSB UII sengaja menyelenggarakan workshop "Digital testing : tips and strategies" di Gedung Moh. Hatta (Perpustakaan UII), Jumat, 09 Desember 2016.

Read more...

SMA Al Kautsar Silaturrahmi ke FPSB UII

Dalam rangka memotivasi para siswanya untuk studi lanjut ke perguruan tinggi, pihak pengelola SMA Al Kautsar Lampung sengaja melakukan study tour ke Universitas Islam Indonesia, Selasa, 6 Rabi’ul Awwal 1438 H/7 November 2016. Adapun rombongan dibagi menjadi 2, dimana untuk mereka yang mengambil jurusan IPA diarahkan ke Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) dan yang berlatar belakang jurusan IPS diterima oleh Tim Marketing and Communication (MARCOM) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) UII.

Read more...

Naskah Dosen FPSB Terpilih dalam 14 Naskah Terbaik di SNP 2016

Paper berjudul Kepemimpinan Moral, Karakter Anti Korupsi, dan Kesejahteraan Psikologis Pegawai di Cina dan Indonesia  karya Staf Pengajar/Dosen Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Sus Budiharto, S.,Psi., M.Si., Psikolog bersama Retno Kumolohadi, S.Psi., M.Si., Psikolog dan Tim CRCEP 2014 terpilih dalam 14 naskah/paper terbaik dari 100-an naskah yang masuk ke panitia Seminar Nasional Pascasarjana (SNP) 2016 bertema Riset-Riset Terkini di Bidang Perilaku yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada hari Sabtu, 26 November 2016. Atas penetapan sebagai karya terbaik tersebut, naskah itu pun insya Allah akan dimuat pada Jurnal Psikologi edisi 2017 (setelah diberi masukan) atau Proceeding SNP 2016 yang diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press serta memperoleh penggantian beaya registrasi seminar. 

Read more...

Dosen Psikologi Masuk Kategori 10 Penulis Naskah Terbaik

“Semoga pada saat yang akan datang teman-teman dosen silih berganti karyanya diapresiasi oleh dunia akademik nasional dan internasional. Semoga Allah Meridhoi UII”. Demikian ungkapan sekaligus harapan singkat yang disampaikan oleh Sus Budiharto, S.Psi., M.Si., Psikolog, dosen Prodi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yang telah terpilih sebagai salah satu dari 10 penulis naskah terbaik di kegiatan Temu Ilmiah Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) 2016 bertema Menelisik Perkembangan Psikologi Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang diselenggarakan oleh Pengurus HIMPSI Wilayah DIY dan UNY pada 18-19 November 2016. Adapun judul naskahnya adalah Pengembangan Kepemimpinan Otentik (Konseptualisasi, Pengukuran, dan Implementasinya dalam Organisasi)yang merupakan naskah publikasi laporan penelitian internal UII dan mendapatkan Insentif Penelitian Pendukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) periode Juli 2016). Atas raihan itu, sosok yang akrab disapa Pak Sus ini mendapat apresiasi berupa penggantian beaya registrasi  pada Temu Ilmiah Himpsi 2016 dan naskahnya akan diterbitkan di Jurnal Psikologi Indonesia.

Read more...