FPSB

Mahasiswa HI Raih Best Presenter IIER Conference 2017

Dua orang mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Muhammad Athoillah dan Arief Fatkhurrohman (keduanya angkatan 2014) berhasil meraih Best Presentation Award di ajang konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Indian Institute of Engineering and Research (IIER) di Kyoto-Jepang,  Ahad, 9 Rabi’ul Akhir 1438H/8 Januari 2017 dengan penelitiannya yang berjudul Rural Community Development of Java in Indonesia.

Kegiatan kolaboratif antara International Conference on Social Science and Economics (ICSSE) dan International Society for Engineering Research and Development (ISERD) ini diikuti sekitar 30-an peserta (tergabung dalam 18 tim peneliti) yang berasal dari berbagai negara seperti Korea Selatan, China, India, Amerika serikat, Turki, Jepang, Malaysia dan Indonesia. Penghargaan tersebut sangat membanggakan karena para peserta (Tim Peneliti) kebanyakan sudah menyandang gelar master dan doktor, sedangkan keduanya masih menempuh pendidikan strata 1. 

Menurut Atho’ (sapaan akrab Muhammad Athoillah) penelitian banyak mengkaji tentang perkembangan masyarakat rural (pedesaan) dalam mengikuti modernitas jaman dengan tetap menjaga budaya yang kental dengan berbagai tradisinya, serta peran strategis pemerintah dan NGO yang diharapkan mampu memfasilitasi/mengarahakan  perkembangan masyarakat rural dengan gaya mereka sendiri tanpa harus mendikte dan menghilangkan tradisi serta adat istiadat yang sudah dijalani, seperti tradisi upacara adat, cara menerima tamu, maupun tradisi sosial lainnya.   

“Motivasi terbesar untuk mengikuti konferensi internasional ini adalah berangkat dari kami sebagai masyarakat desa yang masih memegang teguh ciri khas dan budaya desa, sehingga kami yakin masyarakat marginal bisa juga berkarya dan menunjukkan keberadaannya yang berguna dan bermanfaat. Kami sangat bersyukur telah bisa menjadi salah satu bagian dari mahasiswa UII yang mendapatkan kesempatan untuk andil dalam kegiatan internasional. Kami juga bersyukur dan berterimakasih kepada Allah yang telah melimpahkan rahmat dan memberikan kami kesempatan. Kepada keluarga dan teman-teman yang selalu memberikan dukungan moral dan moril kepada kami. Kami juga tidak mengejar untuk mendapatkan kategori best presentation, melainkan kami hanya berusaha memberikan karya terbaik dan usaha terbaik kami”, ungkap Atho. Kepada teman-teman dan adik-adik angkatan Atho juga berharap agar mereka mau mengikuti jejak langkah dirinya bersama Arief Fatkhurrohman dalam berpartisipasi dan berkontribusi di kegiatan internasional dengan membawa nilai baik dan nama baik UII juga Indonesia.