Membingkai Toleransi Dalam Esai dan Fotografi, LPM Kognisia Hadirkan Fotografer Senior KOMPAS

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam rangka memberi sumbangsih pada negeri ini dalam menyuarakan toleransi dan melawan intoleransi yang saat ini marak terjadi, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kognisia Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar talkshow bertajuk “Memotret Isu Sara” dengan menghadirkan salah satu fotografer senior Harian Kompas,  Arbain Rambey, Sabtu, 24 Desember 2017.    

Sebelum digelarnya talkshow tersebut, LPM Kognisia sudah mengawalinya dengan menggelar lomba fotografi tingkat nasional bertema “Potret Kebhinekaan Indonesia” dan juga lomba esai tingkat nasional bertema “Melawan Gelombang Intoleransi.” pada tanggal 14-16 November 2017. Kedua lomba tersebut memang merupakan satu rangkaian dengan penyelenggaraan talkshow tersebut.

Muhammad Rizal Purnawan selaku Pemimpin Umum (PU) LPM Kognisia mengatakan bahwa beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam lomba tersebut diantaranya adalah ingin menunjukkan bahwa di Indonesia, perbedaan bukanlah sebuah halangan untuk mencapai persatuan dan juga memberi wadah bagi para fotografer pemula untuk berani unjuk kemampuan. “Di sini kita memberikan wadah untuk para pemula agar mereka bisa berkarya, karena pemula biasanya kalau ikut kompetisi terkenal agak susah,” kata Rizal. Selain itu, melalui lomba esai tersebut dirinya berharap akan banyak terkumpul gagasan atau kritik dari berbagai kalangan yang kemudian diharapkan mampu mengikis penyakit-penyakit intoleransi dalam masyarakat serta menciptakan suasana rukun dan damai.

“Semua esai yang terkumpul itu, baik opini atau kritik, juga turut membantu menyuarakan bagaimana pembangunan Indonesia ini ke depannya, supaya tercipta masyarakat yang toleran satu sama lain,” tambahnya.

Khusus untuk cabang lomba fotografi, 30 karya terbaik akan diikutsertakan dalam event pameran foto LPM Kognisia yang digelar di Galeri Kelas Pagi Yogyakarta, JL. Brigjen Katamso, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, pada tanggal 23-24 Desember 2017.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.