MAPPRO Gelar Sumpah Profesi ke-37

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

“Tantangan ke depan adalah tentang kejujuran. Ada tren pura2 sakit, pura2 kecelakaan. Ke depan harus ada kajian serius tentang Psikopat.  Peluang lulusan saat ini semakin besar terkait dengan dilibatkannya para psikolog dalam proses seleksi calon pemimpin yang akan menduduki jabatan publik. Pegang teguh kode etik sebagaimana sumpah yang telah Anda ikrarkan”, demikian ungkap Ketua HIMPSI Wilayah DIY, Drs. Helly P. Soetjipto, MA saat memberikan sambutan di acara pengambilan sumpah lulusan Program Magister Psikologi Profesi (MAPPRO) ke-37, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) di R. Audiovisual FPSB UII, Sabtu, 24 November 2017.

Senada dengan Drs. Helly P. Soetjipto, MA, Rektor UII (Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum.,Ph.D) juga mengingatkan semakin beratnya beban para psikolog baru seiring dengan permasalahan bangsa yang juga semakin berat. “Untuk profesi lain (baca: dalam sebuah proses seleksi) mungkin mudah untuk mengetahui saat terjadi penyimpangan, tapi untuk tes psikolog (Psikotes) sangat sulit karena hasilnya tidak bisa diketahui oleh umum sehingga sangat rawan penyimpangan (baca: kemungkinanan adanya suap dalam tes psikolog)”, ungkapnya.

Rektor menambahkan bahwa walau bagaimanapun profesi dibatasi oleh beberapa hal, diantaranya adalah keilmuannya, menyandarkan kehidupan dari bidang itu secara full time (tidak sebagai sambilan), dan dibatasi kode etik, dimana ada norma baik dan buruk di kalangan satu profesi dan juga norma hukum yang tidak bisa dikesampingkan.

“Ketika implementasi ketrampilan praktis, lulusan Mappro bukan hanya diharapkan memiliki kompetensi praktis saja tapi juga ilmiahnya. oleh karena itu soulusi yang diberikan tidak hanya pragmatis/saat ini tapi jauh ke depan. Diharapkan saudara2 yang baru diterima HIMPSI betul2 bisa menyatu dengan organisasi secara baik. I (baca: pada UII)  yang di tengah itu jangan dilupakan. Dalam kegiatan apapun kita harus ingat bahwa kita lulusan  Universitas ISLAM Indonesia. Jadilah Psikolog yang berintegritas. Selamat berkiprah di masyarakat. Anda adalah duta-duta rahmatan lil ‘alamiin. Tebarkan kebaikan dan perdamaian di muka bumi”, pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.