Laboratorium Psikologi Gelar Kompetisi Penelitian Eksperimen & OW

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Dalam rangka memberikan pengetahuan kepada mahasiswa seputar alat-alat penelitian Psikologi Eksperimen dan teknik observasi wawancara serta penggunaan penelitian eksperimen  dan observasi wawancara sebagai salah satu metode penelitian di psikologi, laboratorium Psikologi  Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan Kompetisi Penelitian Observasi Wawancara & Eksperimen di pertengahan tahun 2017 ini. Kepesertaan penelitian eksperimen terdiri dari 3-7 orang, sedangkan kepesertaan penelitian observasi & wawancara terdiri dari 1-3 orang.

Pendaftaran ataupun penerimaan naskah/proposal lomba sendiri sudah dibuka sejak tanggal 6 Juni 2017. Untuk bidang lomba penelitian eksperimen terkumpul  sebanyak 54 buah proposal. Sedangkan bidang lomba penelitian observasi & wawancara terkumpul proposal sebanyak 260 buah. Semua proposal yang masuk direview oleh panitia penyelenggara untuk dipilih masing-masing 3 naskah terbaik yang kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri yang terdiri dari Hazhira Qudsyi, S.Psi., M.A, Mira Aliza Rachmawati, S.Psi., M.Psi., Hariz Enggar Wijaya, S.Psi., M.Psi. dan Annisa Miranty Nurendra, S.Psi., M.Psi pada hari Rabu, 12 Juli 2017 di Laboratorium Psikologi FPSB UII.

Dari hasil presentasi tersebut,  penelitian berjudul Pengaruh Group Size Terhadap Social Loafing pada Mahasiswa karya Anggi Permana, Sri Wahyuningsih, M. Garlianka W., Ahmad Zain Fahmi dan M. Avicena meraih Juara 1 dengan perolehan skor 382 untuk kategori penelitian eksperimen. Disusul kemudian naskah berjudul Pengaruh Musik Rock Terhadap Peningkatan Short-Term Memory Pada Permainan “UII” (Unique, Innovative, And Incredible) karya Nuriana Afin, Farra Anisa Rahmania, Harali Syarajiva, dan Syarifah Na’imi Anisa di urutan kedua dengan skor 304 dan naskah berjudul  Pengaruh Musik Rap Terhadap Short Term Memory pada Permainan ‘Find Me Box’ karya Rika Ukhtul, Nindya Parahita, Anisa Farah Nabila, Vina Maulinda, Ghea Nadine Augy N diurutan ketiga dengan skor 294.

Pada naskah penelitian Observasi Wawancara & Eksperimen, naskah berjudul Subjective-Well Being pada Mahasiswa Hafidzah karya Ghea Nadine Augy N raih juara 1 dengan skor 317. Naskah berjudul Emotion Focused Coping Pada Ibu Muda Yang Melakukan Pernikahan Dini karya Alfara Aughlesia N. duduk di  urutan kedua dengan skor 298 dan naskah berjudul Kontrol Diri Pada Mahasiswa yang Menjadi Pecandu Game Online karya Agnis Wiyata Dwi Putri di urutan ketiga dengan skor 288.

Sedangkan untuk kategori alat tes, Firdha Ayu Rahmadiningrum berhasil menjadi yang terbaik dengan karyanya berjudul Pengaruh Musik Klasik Terhadap Konsentrasi.

Masing-masing pemenang berhak atas hadiah sejumlah uang pembinaan.

Dari lomba tersebut pengelola laboratorium juga berharap agar mahasiswa lebih bergairah dalam melakukan penelitian eksperimen maupun kualitatif di ranah Psikologi dengan berbagai alat dan teknik sederhana buah karya sendiri serta mampu meningkatkan atmosfer akademik di Prodi Psikologi dan mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi di kancah eksternal melalui forum konferensi ilmiah.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.