UPSI Kembali Silaturrahmi ke FPSB UII

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Lembaga mahasiswa Majlis Mahasiswa Kolej Ung-ku Omar Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Tanjong Malim, Perak- Malaysia kembali bersilaturrahmi dengan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) yakni Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan juga Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), Kamis, 09 Maret 2017 di Kampus Terpadu UII.  Kehadirannya bersama Prof. Dr. Rahmatullah Khan dan Nuzsep Almigo, S.Psi., M.Si disambut hangat oleh Dekan FPSB UII bersama ketua DPM/LEM FPSB UII di R. Auditorium FPSB UII. 

Dalam sambutannya, Prof. Rahmatullah Khan (Professor VK7, Faculty of Education and Human Development, Universiti Pendidikan Sultan Idris) menyatakan bahwa kehadiran mahasiswa UPSI ke UII merupakan pengalaman yang penting dan bersejarah, karena mereka berkunjung ke sebuah perguruan tinggi tertua di Indonesia. “Program lawatan ini merupakan lawatan akademik dan sosial yang akan mengukuhkan hubungan antara institusi dan juga antara negara. Kami berharap pelajar-pelajar kami dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya khususnya tentang alat tes psikologi”, ungkapnya.

Usai seremoni penerimaan, kedua lembaga mahasiswa melakukan diskusi yang didesain sebagai mini conference dengan mengangkat tema Psychology and Social Sciences as Studies to  Understand The Humanity.  Layaknya sebuah  conference,  dalam diskusi tersebut ada mahasiswa dari UPSI dan FPSB UII yang mempresentasikan hasil risetnya  untuk kemudian  didiskusikan. Keduanya pun saling memberikan saran/ feedback atas paparan yang sudah disampaikan.

Seiring dengan berjalannya diskusi antara lembaga kemahasiswaan, Prof. Dr. Rahmatullah Khan dan Nuzsep Almigo, S.Psi., M.Si selaku dosen pendamping pun terlibat diskusi penjajakan kerjasama dengan pimpinan dan pengelola FPSB UII. Visiting lecture, research collaboration, exchange of relevant information, documentation and material, dan beberapa program pengembangan lainnya menjadi bahasan penjajakan kerjasama. Namun demikian, Prof. Rahmatullah Khan berharap agar kerjasama yang dilakukan bisa lebih fokus. “Kita jalani satu demi satu dulu. Jangan terlalu banyak program. Khawatir tidak tergarap”, imbuhnya.

Selain berdiskusi, para mahasiswa UPSI pun mendapat kesempatan berkunjung ke laboratorium Psikologi FPSB UII untuk melihat-lihat dan bahkan ada beberapa mahasiswa mencoba untuk menggunakan alat tes yang ada.

“Kami sangat senang, karena  mereka dapat berkunjung untuk study banding dan mempercayakan agenda acara kepada kami (LEM dan DPM FPSB) selama 5 hari di Yogyakarta. Dalam operasional kinerjanya di jalankan oleh Pretisya ILKOM 14 dan Nuha Gunawan HI 14 selaku PJ Proker (LEM FPSB) dalam kunjungan akademik ini”, ungkap Ketua LEM FPSB UII, Akmal Maulana R.L.S. 

Akmal juga memaparkan bahwa ke depan hubungan tersebut juga akan ditindaklanjuti dengan pembuatan MoU antara Lembaga Mahasiswa FPSB UII dengan Persatuan Pelajar Psikologi UPSI.  Adapun implementasi awalnya adalah pembuatan project “Psychology’s International Virtual Conference” dengan melibatkan UPSI dan Universiti kebangsaan Malaysia (UKM). 

Sisi institusi PT alangkah lebih baiknya hubungan yang baik dapat berlanjut dalam bentuk MoU atau MoA sehingga akan mempermudah dlm menjalim kerja sama baik dalam hal riset, pendidikan (exchange, double degree) dan kebudayaan. Sehingga hal tersebut dapat lebih memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dg Malaysia dalam menghadapi kuatnya arus MEA saat ini”, pungkasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.