Psikologi Gelar Workshop Redesain Kurikulum

Sebagai salah satu bentuk keseriusan dalam rangka mencetak lulusan yang berkualitas tinggi (berkompeten) melalui proses belajar mengajar, Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) secara khusus menggelar workshop redesain kurikulum, Rabu-Kamis, 19-20 Agustus 2015 di Ruang Audiovisual FPSB UII. Iwan Wahyu Widayat, S.Psi., M.Psi dari Universitas Airlangga Surabaya hadir sebagai pemateri.

Dalam paparannya, mantan Ketua Unit Pengkajian dan Pengembangan Pembelajaran Psikologi (UP4) Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Periode 2011-2013 tersebut banyak menyampaikan tentang tahap-tahap penyusunan/redesain Kurikulum Pendidikan Tinggi yang sudah dilakukan oleh Universitas Airlangga. Namun sebelumnya, pakar bidang Psikologi Pendidikan dan Psikologi Anak Berbakat tersebut mangawali paparannya dengan penyampaian materi terkait perkembangan perkembangan dan juga perubahan konsep Kurikulum Pendidikan Tinggi di Indonesia. Mulai dari dari Kurikulum Nasional-KBI (1994), Kurikulum Inti dan Institusional-KBK (2000/2002) hingga ke Kurikulum Pendidikan Tinggi-KPT (2012).

Adapun paparan tentang tahapan redesain kurikulum yang disampaikan meliputi analisis SWOT dan tracer study, menentukan profil lulusan yang diharapkan, menyusun capaian pembelajaran, menyusun bahan kajian yang didasarkan pada tingkat keluasan, tingkat kedalaman, dan tingkat kemampuan yang ingin dicapai, menyusun mata kuliah dan menentukan SKS, merangkai struktur kurikulum, dan juga menyusun rancangan pembelajaran. Selain itu, Pak Iwan juga menyampaikan tentang Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang didasarkan pada ketentuan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pada hari kedua, peserta langsung melakukan aksi sesuai tahapan-tahapan yang sudah disampaikan oleh pemateri.

Semoga, redesain ataupun formulasi ulang kurikulum yang dihasilkan nantinya mampu membawa dampak (baca: kompetensi lulusan) yang lebih baik. Amiin.