PBI Kembali Sosialisasikan Program PPL Australia

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia (UII) kembali sosialisasikan program unggulan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ke Australia (PPL-Australia), Kamis, 26 Maret 2015. Sosialisasi PPL Australia periode 9 tersebut disampaikan oleh Adam Anshori, S.S.., MA. dan Ista Maharsi, S.S.M.Hum. hampir sama dengan PPL Australia periode 8 tahun 2014 lalu, tahun ini jumlah mahasiswa yang akan diberangkatkan pun berkisar antara 4-6 orang.

Adapun materi sosialisasi meliputi tujuan penyelenggaraan PPL itu sendiri yakni sebagai media belajar berbahasa (mengucapkan) Inggris di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Ibu, mengajarkan Bahasa Indonesia, mempromosikan kebudayaan Indonesia, mengaplikasikan pemahaman lintas budaya, mengunjungi obyek-obyek wisata di Australia, serta mendapatkan pengalaman berinteraksi langsung (tinggal serumah) dengan warga Australia.

Selain tujuan, proses seleksi yang akan dijalani bagi mereka yang berminat untuk ikut PPL Australia pun juga dibeberkan, seperti pengisian formulir pendaftaran, tes TOEFL, interview (psikologi), presentasi kebudayaan Indonesia, presentasi kesenian Indonesia, melakukan pertunjukan kesenian, training BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, Cross Culture Understanding (CCU), dan yang terakhir adalah tentang keimigrasian.

Kendati nantinya hanya akan terseleksi 4-6 mahasiswa yang berhak mengikuti PPL Australia, bu Ista menegaskan bahwa proses seleksi yang dijalani adalah penting. Setidaknya banyak pengalaman dan trik yang didapat dari proses seleksi tersebut.