Nilai Lebih Lulusan FPSB UII

‘Sebagai lulusan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) ini, kita memiliki banyak kelebihan. Selain belajar secara teori, kita juga belajar praktek yang dikombinasikan dengan aturan atau syariat Islam yakni Al Quran & Al Hadist. Kita juga memiliki kemampuan beradaptasi dan keilmuan yang baik. Kita disiapkan untuk menjadi sosok yang kompetitif”. Demikian ungkap Anisia Puspitasari S.Psi saat memberikan materi pembekalan bagi alumni (fresh graduate) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat, 20 Februari 2015 di R. Audiovisual FPSB UII.

 

Menurut alumni Prodi Psikologi FPSB UII angkatan 2008 itu, usai studi S1 para alumni memiliki beberapa alternatif rencana lanjutan yang semuanya secara prinsip adalah baik, seperti studi lanjut S2, bekerja dilembaga/institusi atau pun berwirausaha. “Kalian harus bisa mengejar mimpi kalian yang juga menjadi passion kalian”, tambahnya.

Kepada mereka yang berencana untuk studi lanjut S2, pemiliki sapaan Anisia tersebut berbagai informasi seputar program beasiswa yang bisa diraih, seperti Beasiswa LPDP, AMINEF (Amerika), AUS AID (Australia), Visit Japan Foundation (Jepang), Erasmus Mundus (eropa), Chevening (inggris) dan beberapa beasiswa lainnya.

Sedang bagi mereka yang ingin melanjutkan dengan bekerja di sebuah perusahaan, lembaga, atau instansi, staf HRD Coorporate PT. Tempo Scan Pacific. Tbk, Jakarta ini memberikan beberapa tip dalam memenangkan persaingan, seperti pembuatan CV (Curriculum Vitae) yang ‘menjual’, cara berpenampilan saat mengikuti atau menghadiri seleksi, mempersiapkan pengetahuan tentang perusahaan yang akan dituju (dilamar), ataupun cara menjawab pertanyaan saat seleksi wawancara.

Acara diakhiri dengan sambutan dari ketua IKAPSI (Ikatan Keluarga Alumni Psikologi) FPSB UII, Rocky Valentino, S.Psi., M.Psi.