Mahasiswa FPSB Ikuti AUYS 2015 di Malaysia

Sintok, Kedah Malaysia. Mahasiwa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali berpartisipasi di kancah ASEAN dengan mengikuti Asean University Youth Summit (AUYS) 2015 yang diselenggarakan di Universiti Utara Malaysia bertema Forging 1-ASEAN Youth Network Through Volunteerism, 26-29 Januari 2015. Ada lima orang mahasiswa FPSB UII yang tercatat sebagai peserta dalam kegiatan ini, yakni Jaka Farid Agustian, Sindi Novriana, dan Noer Ayufika Nulul dari Progran Studi Ilmu Komunikasi serta Roslifa dan Asrah Wadjo dari Program Studi Psikologi.

Informasi yang diperoleh dari kelima mahasiswa FPSB UII peserta AUYS 2015 tersebut, tema yang diangkat bertujuan untuk membangun kekuatan jiwa kesukarelawanan pemuda ASEAN dalam membantu dan membangun negaranya masing-masing serta negara lain di ASEAN dengan tetap menjalin hubungan baik antara komunitas sukarelawan disetiap negara ASEAN.

Kegiatan AUYS 2015 terbagi dalam 2 kegiatan inti, yaitu diskusi round table dari seluruh perwakilan Univeritas di setiap negara (27 Januari 2015) dan Community Engagement Programme untuk merealisasikan hasil diskusi dalam bentuk penerjunan langsung peserta ke sekolah-sekolah yang berada di FELDA Bukit Tangga yang merupakan sebuah Desa Binaan Universiti Utara Malaysia (28 Januari 2015).

“Seru banget, acaranya bermanfaat buat sharing-sharing pengalaman jadi sukarelawan, sharing apa aja yang bisa dilakuin sebagai sukarelawan. Seru karena banyak temen juga se-ASEAN”, ungkap Sindi Novriana. Kebahagiaan serupa juga disampaikan oleh Noer Ayufika Nulul. “Ini acara yang seru banget dan banyak manfaat! Disana kita bener-bener jadi satu walaupun berbeda negara. Kekeluargaannya erat banget disana. Yuk keluarga UII tahun depan ikut berpartisipasi di AUYS 2016 di Sumbawa! Kenalkan UII di negara ASEAN!”, ungkap pemilik sapaan Nulul ini.

Tanggapan positif juga datang dari peserta lainnya, yakni Jaka Farid Agustian dan Roslifa. Keduanya juga sangat menikmati acara tersebut. Menurut keduanya, acaranya tersebut dapat bermanfaat untuk seluruh delegasi dari masing-masing negara. Selain berharap agar mahasiswa FPSB UII dapat mengglobal di ASEAN dan dunia, keduanya juga berharap agar kegiatan tersebut bisa menjadi rekomendasi bagi Universitas Islam Indonesia untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan negara ASEAN sekaligus menjalin kerjasama antar universitas di negara ASEAN.